Haeruddin (Kasek SMPN Bonerate No 6 Selayar)

Selayar, Inspirasimakassar,com:

Palang Merah Remaja atau PMR adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dan lainnya). Tujuannya, membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI di masa depan.

Sadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI ada di PMI kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Anggota lebih dari 5 juta orang. Jumlah ini merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Palang Merah didirikan untuk memberikan pertolongan kepada korban yang terluka dalam pertempuran, mencegah, serta mengatasi penderitaan sesama, tanpa memandang kebangsaan, ras, agama, tingkat sosial, atau pandangan politiknya. Salah satunya,  PMR Madya  yang berpangkalan di SMPN Bonerate No 6 Kepulauan Selayar.

Anggota  PMR Madya di sekolah yang dipimpin Haeruddin,S.Ag.M.Pd ini diharapkan menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Pengetahuan tentang kesehatan, selain  diterapkan pada diri sendiri, juga disebarluaskan. Karenanya, sebagai anggota PMR, harus siap menolong siapa pun bila diperlukan, entah di sekolah, maupun di lingkungan sekitar.

 Haeruddin,S.Ag,M.Pd yang juga Penanggungjawab PMR Madya SMPN Bonerate No.6 di kabupaten yang dipimpin M.Basli Ali dan Saiful Arief ini  mengakui, baru baru ini PMR di sekolahnya mengadakan bakti sosial. Yakni, menyantungi anak anak yatim, dan orang tua yang kurang mampu  di Kecamatan Pasimarannu.  Sumber dana berasal dari sumbangan para donatur. Kegiatan sosial ini diharapkan berjalan baik, dan  bisa berlanjut.

 “Semua kegiatan PMR di SMPN Bonerate Nomor 6 Kepluauan Selayar ini, karena selain kerjasama yang baik dan saling membantu antarsesama anak anak PMR, sekaligus menjadi pelajaran berharga bagi siswa atau generasi pelanjut di masa datang,” tutur Haeruddin, di ruang kerjanya, Senin, 24 Mei 2021.

Sementara itu, Pembina PMR Madya SMPN Bonerate No 6, Ade Ilhamsyah mengemukakan, sudah banyak kegiatan yang telah dilaksanakan, termasuk di masa pandemik covid-19. Mereka banyak membantu kegiatan penanganan dan pencegahan, terutama dalam proses pembelajaran, baik secara daring maupun dalam luring.

Seperti diketahui, PMR Madya SMPN Bopnerate No 6 Kepulauan Selayar ini terbentuk pada Sabtu, 24 Agustus 2019, didahului, sosialisasi oleh Relawan Palang Merah Indonesia Ranting Kecamatan Pasimarannu. Terpilih 60 orang dari jumlah pendaftar 115 orang. Sejak terbentuk, mulai melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Kepalangmerahan.

Sejak berdiri, banyak program yang tereleasasi baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Jiwa peduli antarsesama, saling tolong menolong, bersahabat, ceria, memiliki jiwa kepempinan adalah karakter setiap anggota PMR.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua PMR Madya sejak 2019 dilaksanakan dengan konsep miniatur Pemilu, layaknya di KPU. Tujuannya, agar  sejak dini mereka mendapatkan edukasi tentang penyelenggaraan Pemilu. Prosesnya dimulai dari pendaftaran calon, diverifikasi, debat kandidat, kampanye, sampai pemilihan. Pemilih harus mendapatkan surat undangan memilih dan terdaftar di DPT Panitia Penyelenggara, lalu memilih dengan mencoblos surat suara di TPS.

Kegiatan lainnya adalah, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), bertujuan melatih kedisiplinan dan pengembangan karakter kepemimpinan. Sedangkan Petugas Medis Sekolah sebagai implementasi dari pembelajaran PMR, dimana setiap anggota dibekali keterampilan dan pengetahuan dalam pentolongan pertama.

Pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2019,  juga melaksanakan kunjungan edukasi ke Puskesmas Pasimarannu. Kunjungan edukasi serupa  pada tahun 2020. PadaTurnamen Bupati CUP IV di Kecamatan Pasimarannu sebagai Tim Medis.

Untuk mengetahui capaian program kerja dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, juga melaksanakan kegiatan lokaKarya mini bersama Kepala Sekolah dan Pembina PMR. Sedangkan pada bulan ramadhan, melakukan kegiatan gerakan amal sehat, yaitu donor takjil dan bersih masjid. Untuk melaksanakan tri bhakti di masyarakat, dilaksanakan aksi bersih pantai, agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke laut.

Ada pula napak tilas kemanusiaan, tidak hanya berjalan kaki sesuai rute yang telah ditentukan, akan tetapi selama perjalanan akan dilaksanakan operasi kemanusiaan yaitu dengan cara berbagi sembako atau bekal yang telah dipersiapkan, anak-anak yang ditemui di jalanan akan diberikan cemilan sehingga senyum bahagia akan tampak pada kegiatan ini. Sedangkan untuk mengasah penerimaan teori pada pembelajaran PMR, maka dilakukan simulasi penangangan sebuah kasus pertolongan pertama. (Andi Mansyur J-din pattisahusiwa)

BAGIKAN
Berita sebelumya991 Peserta Lolos Tahap I Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2021
Berita berikutnyaSekolah Islam Athirah Edu Conference, JK Paparkan Sejumlah Tantangan
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimpin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa. Pernah diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar. Kini, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here