Makassar, Inspirasimakassar.com:

Pemerintah Kota Makassar baal melakukan kerja sama kota kembar dengan Gold Coast–sebuah kota di negara bagian Queensland, Australia. Penandatanganan dokumen pernyataan kehendak (Letter of Intent) sister city itu dilakukan antara Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan Walikota Gold Coast Tom Tate di Makassar, Senin, 4 Maret 2019.

Selain penandatanganan LoI, kedatangan Tom tate itu sekaligus dalam rangka kegiatan Australia Eastern Indonesia Tourism Forum (AEITF) 2019 yang digelar Konsulat Jenderal Australia di ibukota Sulawesi Selatan tersebut.

Mohammad Ramdhan Pomanto mengemukakan, kehadiran wali kota Gold Coast itu menjadi bukti bahwa Kota Makassar semakin mendunia dan keberadaan Konsulat Jenderal Australia di kota itu menjadi bukti arti penting Kota Makassar bagi Australia.

Dalam kegiatan tersebut, hadir konsulat jenderal (konjen) di Sidney dan konjen Australia di Makassar. Mereka yang sebelumnya telah berembuk untuk sepakat membawa wali kota Gold Coast ke Makassar.

Selain rencana dengan Kota Makassar, Gold Coast di Australia sebelumnya telah menjalin kerja sama sister city dengan Taipei di Taiwan dan juga Dubai, Uni Emirat Arab.

Setelah melakukan penandatanganan, baik Danny–sapaan walikota bertagline nDI ini dan Tom juga membahas kerja sama di berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan dengan pertukaran pelajar dan mahasiswa, pariwisata, hingga bidang lingkungan, dengan mengubah sampah menjadi sumber energi.

Ke depan Sister City antara Makassar dan Gold Coast mencakup ada empat ruang lingkup Kerjasama. Di antaranya di bidang Pariwisata, pengembangan Sumber Daya Manusia, pengelolaan limbah dan UMKM. (

“Jadi nanti ada pertukaran pelajar dan Waste to Energi. Saya juga ingin belajar mengenai tata kelola pantainya karena Gold Coast mendapatkan pendapatan yang luar biasa. dari salah satu pantai nya yang terbaik di dunia,” ujar Danny.

Di bagian lain Danny menambahkan, masyarakat Makassar patut berbangga. Sebab Gold Coast yang terkenal sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, ingin menjalin hubungan kerja sama dengan Kota Daeng ini.((ppkm)

BAGIKAN
Berita sebelumyaFarouk M Betta : Tunggu LKPJ Walikota
Berita berikutnyaSeram Utara Barat Tuan Rumah MTQ ke-29 Maluku Tengah
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here