Makassar, Inspirasimakassar.com :

Haerul, pemuda asal Langnga, Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, tidak pernah menyangka jika pesawat buatannya viral. Hal itu yang membuat Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengundangnya ke Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Jumat, 17 Januari 2020.

“Pesawat ini direncanakan dan dibuat selama dua bulan, dengan menggunakan mesin motor ninja tahun 2011. Ini kemudian jadi viral dan kami diundang di Acara Hitam Putih. Saya berharap bisa dikembangkan di bidang industri. Ini kedua kalinya, pernah saya membuat helikopter, tapi hanya naik sejengkal,” ungkap Haerul.

Pesawat dari bahan bekas itu telah terbang setinggi 20 meter di atas Pantai Langga.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, terlihat memegang baling-baling kayu yang dibawa oleh Haerul ke Makassar. Ia bercerita banyak mengenai pengembangan dan mengarahkan pesawat ini agar bisa bermanfaat untuk masyarakat Sulsel. Ia mengakui sangat surprise melihat kemauan dan keuletan Haerul.

“Luar biasa, kami bangga sebagai warga Sulawesi Selatan, tentu kami pemerintah harus mensupport kreativitas yang seperti ini. Kalau kita memiliki SDM dalam negeri seperti Haerul, kenapa tidak untuk kita dorong, kenapa kita bergantung dengan orang luar. Kita menunggu dari Pemerintah Pusat dan dukungan dari pihak Industri. Kita semua harus bergerak untuk mendukung Haerul kedepan,” tutur Andi Sudirman.

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid yang menyempatkan hadir, mengapresiasi perhatian Wakil Gubernur kepada warganya. Ia menyempatkan berdiskusi untuk pengembangan pesawat temuan ini.

“Luar biasa, saya mengapresiasi Pak Wagub atas inisiasi pertemuan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Pinrang dan ide pembuatan pesawat ini,” ungkap Andi Irwan Hamid. (ishadi ishak)

BAGIKAN
Berita sebelumyaWakapolda Sulbar Minta Tingkatkan Peran Kehumasan
Berita berikutnyaXL Axiata Dukung Pemerataan 3 T di Sumatera
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here