Makassar, Inspirasimakassar.com:

Bisnis pariwisata di Indonesia cukup potensial. Tidak lain karena, secara alami, Indonesia  memiliki banyak potensi. Di antaranya, keindahan alamnya, keragaman, dan keunikan budayanya. Kesemua potensi itu menjadi modal dalam  industry pariwisata dan tetap terjaga kelestariannya. Sekalipun demikian, pariwisata Indonesia  sudah mengalami permasalahan, terkait isu keamanan.

Isu tersebut, demikian Umar Syarifuddin, saat mempertahankan disertasi Program Doktor Ilmu Ekonomi di Kampus Universitas Hasanuddin, berjudul “Pengaruh Orientasi Pasar, Media Sosial, dan Jaringan Bisnis Terhadap Kinerja Bisnis Perhotelan di Kota Makassar”  Kamis, 19 Desember 2019.

Di hadapan  tim penguji  Prof.Dr.Mahlia Muis,SE,M.Si, Prof.Dr.Abd.Rahman  Kadir,SE,M.Si, Prof.Dr.Muh Asdar SE,M.Si, Prof.Dra.Dian As Parawansa,M.Si,PH.D, Prof.DR.Otto RandaPayangan,SE,M.Si, DR.Muh Ismail,SE,M.Si, Dr.Madris,DPS,SE,M.Si, suami dari Karma dan ayah dari Rabiatul Adawiah Salangka yang lahir di Pinrang, 25 Juli 1974 dari pasangan H.Sjahrin Salangka dan Hj.Kuraisin Pattisahusiwa (keduanya kini alm) ini mengemukakan, pertumbuhan perhotelan di  Indonesia cukup baik, termasuk di Sulawesi selatan.

“Hanya saja, pertumbuhan hotel di Sulawesi Selatan tidak diikuti peningkatan hunian kamar. Disini mengindikasikan bahwa, masih adanya kendala  dalam pengelolaannya,”urai  lelaki delapan bersaudara berdarah Bugis-Siri Sori Islam, Kecamatan Saparua Timur Maluku Tengah ini.

bersama keluarga

Beberapa  penelitian empirik  di sektor perhotelan, demikian warga  Perumahan Villa Sudiang Sejahtera C3/48 ini,  di antaranya dilakukan oleh Hinson, Abdul Hamid dan Osabutey  (2017). Ketiganya mengakui, kinerja hotel didorong oleh orientasi pasar. Hinson misalnya, menerangkan bahwa, orientasi pasar merupakan kemampuan  penting yang memiliki potensi untuk merubah sumber daya  yang ada menjadi kinerja yang lebih unggul.

Tujuan penelitian yang dilakukan Udin—sapaan staf pengajar di STIE Baji Minasa Makassar ini, selain menganalisis pengarh orientasi pasar, media, dan jaringan bisnis  tehadap reputasi perusahaan, keunggulan daya saing dan kinerja bisnis.   Menganalisis pengaruh reputasi perusahaan terhadap kinerja bisnis, juga menganalisis pengaruh keunggulan daya saing  terhadap  kinerja bisnis, serta  menganalisis  pengaruh orientasi pasar, media social, dan jaringan bisnis terjadap kinerja bisnis melalui reputasi perusahaan dan keunggulan daya saing.

bersama Hj.Maherani (istri almarhum Prof.Dr.H.Abd.Karim Saleh,SE)

Menurut Udin, penelitian yang dia lakukan diharapkan memberikan manfaat  baik pengembangan teoritis maupun praktis. Mnfaat teoritis misalnya, memberikan sumbangan dalam pengembangan teori-teori yang ada  dalam bidang manajemen pemasaran. Menjadi bahan referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya terhadap pengaruh  orientasi pasar,media social, jaringan bisnis  terhadap reputasi perusahaan, keunggulan daya saing dan kinerja bisnis.

Sedanhkan manfaat praktisnya adalah, bagi perhotelan dalam upaya pengembangan  kinerja bisnis perhotelan dengan menggunakan faktor-faktor seperti orientasi pasar, media social, jaringan bisnis,  reputasi perusahaan, serta keunggulan daya saing. Sedangkan bagi pemerintah, memberikan konstribusi pada langkah-langkah strategik perhotelan dalam menghadapi persaingan dan menetapkan  berbagao kebijakan yang berhubungan dengan pamasaran perhotelan.

Dr.Umar Syarifuddin

Diakhir bedahan disertasi setebal  240 halaman, alumni SDN 5 Pinrang, SMPN2 Mattirobulu,SMAN 8 Makassar, S1 di  STIEM Bongaya Makassar, dan S2 Manajemen Unhas ini menempatkan enam saran masing-masing perusahan perlu memperhatikan orientasi pasar  terutama  tentang perubahan terbaru  yang mempengaruhi pelanggan (1). Perusahaan perlu memperhatikan media sosial, terutama  aktifitas layanan pelanggan (2). Perusahaan perlu memperhatikan jaringan bisnis, terutama mengembangkan hubungan bisnis dengan pesaing  dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan (3).

Perusahan perlu memerhatikan reputasi perusahaan, terutama penilaian terhadap kebutuhan pemangku kepentingan utama dan konsekwensi atas sikap perusahaan terhadap pemangku kepentingan utama (4). Perusahaan perlu memperhatikan keunggulan daya saing  terutama tentang citra yang mengidentifikasi perusahaan dan kualitas layanan yang lebih baik dari pesaing (5). Serta,  perusahaan perlu meningkatkan aspek-aspek kinerja, terutama tentang informasi yang cepat ke pelanggan (6). (din pattisahusiwa)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPT XL Dukung Pembangunan di Sulsel
Berita berikutnyaTutup Tahun 2019, Hotel Pesonna Usung Era Tahun 1960-an
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here