Kepulauan Selayar, Inspirasimakassar.com :


Tiga rumah panggung dalam kondisi tanpa penghuni di Dusun Pakangkang Desa Ma’minasa Kecamatan Pasi’masunggu Kepulauan Selayar tadi malam, Kamis (17/10/19) sekitar pukul 19.15 Wita telah hangus dilalap si jago merah. Ketiga pemilik rumah itu saat kejadian sedang berada dirumah keluarganya yang hanya berjarak sekitar puluhan meter yang sedang menghadiri pesta aqiqah. Mereka adalah Sangkala (48), Upa (47) dan Muh Irwan (50). Api dapat dipadamkan pada sekitar jam 22.30 Wita dengan bantuan warga setempat yang menggunakan peralatan seadanya serta satu unit mobil pemadam kebakaran dari ibukota Kecamatan Pasi’masunggu, Benteng Jampea.
      Hingga berita ini diturunkan belum diketahui secara pasti  penyebab kebakaran itu. Sedangkan berdasarkan analisa sementara kerugian yang dialami oleh ketiga pemilik rumah itu berada dikisaran ratusan juta rupiah. Namun yang pasti tidak ada satupun barang yang berhasil diselamatkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas itu.

Plt Kepala Desa Ma’minasa, Awaluddin


       Menurut laporan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pasi’masunggu, AKP Abd Rahman melalui Camat Pasi’masunggu, Siregar, S.STP, MM yang berada di ibukota kabupaten siang tadi mengungkapkan,” Saat kebakaran terjadi, ketiga pemiliknya sedang berada dirumah keluarganya menghadiri pesta aqiqah. Titik api awal pertama kali dilihat berada ditengah rumah Sangkala kemudian menjalar ke rumah Muh Irwan disebelah timurnya dan kemudian merambah ke rumah Upa yang terletak disebelah baratnya. Demikian diceritakan oleh saksi Sirajuddin (58) warga Dusun Pakangkang dan Andi Tusi (40) warga Dusun Kampung Bau Desa Lembang Baji Kecamatan Pasi’masunggu Timur yang sedang lewat didepan rumah korban.
        Menurut kedua saksi ini kata Abd Rahman, api mulai membesar dari rumah Sangkala. Melihat kondisi api yang sudah mulai membesar, kedua saksi mata ini menyampaikan kepada warga yang sedang menghadiri pesta yang tak jauh dari rumah korban. Lain halnya yang disampaikan oleh mantan Kepala Dusun Kampung Bau, Marsi Gau. Saat berkomunikasi dengan pemilik yang diduga sebagai sumber api, istri Sangkala, Raja Tikno bahwa sejak beberapa hari terakhir Raja Tikno tidak pernah lagi memasak dirumahnya. Karena sejak awal pesta saudara kandungnya, Kasmawati, Raja Tikno sudah fokus membantu saudaranya. Sehingga Raja Tikno merasa sangat heran jika titik api itu bermula dari rumahnya.
      Sementara Plt Kepala Desa Ma’minasa, Awaluddin yang hendak dikonfirmasi seputar kejadian itu tidak berhasil. Handphine miliknya on namun tidak memberikan respon. (M. Daeng Siudjung Nyulle)

BAGIKAN
Berita sebelumyaBI Sosialisasi Peran SBK di Makassar
Berita berikutnyaKakanwil : Jadilah ASN yang Bertanggungjawab
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here