Makassar, Inspirasimakassar.com:

General Manager Hotel se-Indonesia yang tergabung dalam IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association) menggelar video confrence dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angelo Tanoesoedibjo bahas situasi terkini industri pariwisata, Rabu (1/4/2020).

Wakil Ketua Umum IHGMA, Arya Pering Arimbawa dan Ramia Adnyana mengemukakan sejumlah permasalahan yang dihadapi industri perhotelan terkait dampak Covid-19.

“Sebanyak 800 General Manager (GM) Hotel se-Indonesia bertatap muka secara daring dengan Wishnutama dan Angela Tanoesoedibjo bahas situasi terkini industri perhotelan akibat Virus Covid-19 ini”, papar Arya.

Arya menjelaskan, perhotelan kini terjadi penurunan accupancy sehingga mau tak mau Hotel mesti meminimalisir biaya operasional dan juga kondisi keuangan yang dialami oleh perhotelan untuk melakukan kewajiban pembayaran pada karyawan dan perbankan.

Dalam video confrence tersebut, IHGMA menyodorkan rekomendasi pada Pemerintah Pusat melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
untuk dipertimbangkan agar industri perhotelan tetap membaik.

Wakil Ketua Umum IHGMA Arya Pering Arimbawa (General Manager Harper Perintis Hotel)

“Adapun kesimpulannya, IHGMA meminta kebijakan terhadap Industri Perhotelan yaitu Tax Holiday PPH21, 22, 25, Pb1, Pajak Reklame dan penundaan PBB. Selain itu penundaan pembayaran Listrik, Air, Pembayaran pinjaman Bank, serta memberikan kemudahan agunan atau refinance, bridging loan pinjaman jangka pendek untuk pembayaran gaji karyawan untuk menghindari PHK, tegas Arya.

Namu disisi lain, Perhotelan siap membantu Pemerintah Pusat dalam mengatasi Virus Covid – 19
untuk para medis dengan tarif standar dan terjangkau serta akomodasi untuk memastikan penderita Virus Covid-19 terawat dengan baik.

Berdasarkan data terkini, sebanyak 1260 Hotel se-Indonesia tutup terhitung 1 April, untuk Sulawesi Selatan terdapat 42 Hotel 8 diantaranya Hotel diluar Makassar meliputi Parepare, Gowa, Takalar dan Bulukumba sementara 35 Hotel di Banjarmasin melakukan PHK dan Cuti.

BAGIKAN
Berita sebelumyaIdris : Dibutuhkan Sinergi Kabupaten Dan Kota Tangani Covid -19
Berita berikutnyaBisnis di Balik Corona
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here