Makassar, Inspirasimakassar.com :

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel, Lies F Nurdin, menerima kunjungan Ketua Dekranasda Kalimantan Utara (Kaltara), Rita Ratina Irianto Lambrie, Rabu, 12 Januari 2020. Pada kesempatan tersebut, Lies mengajak Rita melihat seluruh hasil kerajinan yang diproduksi 24 kabupaten kota, dan dipajang dalam etalase di Gedung Dekranasda Sulsel.

Lies saat berbincang bersama Rita, banyak memaparkan mengenai potensi kerajinan dan pengembangan UMKM di Sulsel. Di hadapan rombongan Dekranasda Kaltara, istri Nurdin Abdullah ini menyampaikan, program Dekranasda Sulsel, fokus pada satu kabupaten satu produk. Tentunya, produk yang dihasilkan harus berkualitas.

“Tiap kabupaten tidak usah hasilkan banyak produk. Satu saja, tapi berkualitas dan memenuhi standar pasar,” kata Lies.

Dekranasda Sulsel juga bekerjasama dengan Dinas Perindustrian. Pihaknya mendatangkan satu pelatih ke setiap kabupaten, agar produk yang dihasilkan lebih kreatif.

“Tenaga pengajar kita datangkan agar produk yang dihasilkan lebih bagus lagi. Kita kembangkan wawasan mereka agar bisa berkreasi,” ujarnya.

Berbagai terobosan, lanjut Lies, juga dilakukan. Termasuk menekankan ke supermarket agar mau menerima produk yang dihasilkan UMKM, dan tidak boleh ada listing fee.

“Dekranasda bersama Pemerintah Provinsi Sulsel juga berupaya mengembalikan kejayaan sutera. Kalau selama ini benangnya dari Cina, kita berupaya memproduksi sendiri benangnya,” paparnya.

Sementara, Rita mengaku sangat mengagumi hasil kerajinan Sulsel. Di bawah kepemimpinan Lies F Nurdin, Dekranasda Sulsel berhasil menghasilkan kerajinan yang luar biasa, melalui pembinaan UMKM.

“Saya yakin, di tangan pemimpin yang benar, amanah, daerah akan maju. Dan saya melihatnya langsung di Sulsel,” kata Rita. (humas Pemprov Sulsel-ishadi ishak)

BAGIKAN
Berita sebelumyaMuhammad Jayadi Gelar Hearing – Dialog Dengan Insan Catur
Berita berikutnyaKadisnaker Makassar Buka “Employyers Forum”
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here