Makassar, Inspirasimakassar,com:

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman membuka acara Gerakan 15 Menit Mengaji Satuan Pendidikan SMA/SMK Negeri dan Swasta di Phinisi Ballroom, Hotel Claro, Kamis, 7 November 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang ini dihadiri oleh 813 orang Guru Agama yang berasal dari kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman seperti dikutip Antara, Senin (18/6/2019) sangat mengapresiasi literasi Quran, salah satunya dengan menginisiasi jalur prestasi hafidz di Sekolah Menengah atas/ Kejuruan di Sulawesi Selatan.

“Di Sulawesi Selatan telah dilaksanakan program literasi Quran 30 menit setiap hari jumat, itu bagus untuk anak kita. Lahirnya program ini merupakan imun untuk kekebalan agama, fundamental anak. sebagaimana kita harus memberikan pemahaman agama yang ditafsirkan dengan rujukan bukan tanpa rujukan,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Beliau menambahkan bahwa Gerakan 15 menit mengaji diharapkan siswa diberikan bimbingan pembelajaran tajwid dan pengetahuan fundamental agama. Dengan adanya gerakan ini, juga akan mengurangi dampak kenakalan remaja. Pelajaran tersebut tertuang kedalam modul dasar, tahsin, hafalan surah, dan hadis pilihan.

“Perlahan kita juga mengajarkan As-Siyasah Syar’iyah, tujuannya adalah bagaimana menciptakan generasi yang berkarakter akhlak yang betul-betul mencerminkan agama islam, Harapan kami melahirkan generasi berkarakter akhlak yang baik, bebas paham radikalisme dan Insya Allah kelak menjadi pemimpin pemimpin idealis, bermoral, profesional, anti korupsu, bebas paham radikalisme sesat dan amanah,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel memberikan kerja nyata dalam pengembangan Tahfidz Al-Quran. Bulan Ramadhan lalu, Pemprov mencanangkan program satu desa satu hafidz. Dimana diikuti oleh puluhan orang hafidz Alquran dari berbagai daerah di Sulsel.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas di bidang Pendidikan dan merupakan program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel” ujar Kepala Bidang SMA, M. Sabri.(hadi)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPendekar Hukum KAI Sulsel Konferda, Elly Toisuta Perempuan Tangguh Maluku
Berita berikutnyaJumat, Bend Ungu Hibur Zona Holic dan Cliquers
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here