Banir  Yang Terjadi di Desa Santan Tengah, Kec. Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaliman Tmur
Kondisi Banir  di Desa Santan Tengah, Kec. Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Tmur

Kutai Kartanegara, inspirasimakassar.com – Bagi kebanyakan warga Santan Tengah, banjir adalah sesuatu yang sudah biasa. Maklum, hampir tiap bulan saat hujan turun (meski tidak terlalu deras), banjir akan menggenangi perumahan warga. Seperti yang terjadi beberapa pekan terakhir, banjir menggenangi sebagian kebun hingga pekarangan sekolah. Meski demikian banjir tidak menghalangi warga untuk beraktivitas.

Seorang guru perempuan yang berusaha memasuki pekarangan sekolah terpaksa harus mengangkat roknya agar tidak basah agar bisa sampai di sekolah tempatnya mengajar. Perjuangan ‘Sang Pahlawan Tanda Tanda Jasa’ ini diabadikan oleh salah seorang temannya yang lain kemudian menguploadnya ke facebook. “Begilah kondisi sklh kmi lau banjir” judul foto yang diunggah oleh pemilik account Nur Asiah.

Kontan, Foto ini mendapat respon dari sejumlah facebooker. Diantaranya; pemilik account Bengkel Ali berkicau “mantaf itu heeerrerr”. Monic CeMang Yup’ya menimpali “kasi’na hehee”. “mnta dana buat beli pasir biar dtggikan cedikit bu’, komentar Monic selanjutnya.

Facebooker yang lainnya dengan nama Mappa Darni menyundul dengan status ‘siapa perahu ceng’ (maksudnya mana perahu), sementara Suriana Ana dan Saiful Anwar berharap warga santan agar lebih bersabar dan semangat. “Kuru… Sumange”, komentar Ana. Komentar bernada menghibur datang dari facebooker Nhurhasanah Syahrir. “Sip jadi model banjir” kicau Nhurhasanah.

Meski tetap bersabar dan penuh semangat, Sarinah Ozzora Euch Cottonii mengingatkan ‘sang Umar Bakri’ untuk lebih berhati-hati saat menerjang banjir. “Buka sepatu, angkat rok uppsss cilukbaaa,, hehehe, jngan ketinggian yah…piss,” komentar Sarinah salah seorang warga Santan yang sekarang menetap di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Santan Tengah adalah salah satu desa di kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia. Kabupaten Kutai Kartanegara sendiri memiliki luas wilayah 27.263,10 km² dan luas perairan kurang lebih 4.097 km² yang dibagi dalam 18 wilayah kecamatan dan 225 desa/kelurahan dengan jumlah penduduk mencapai 626.286 jiwa (hasil sensus penduduk tahun 2010). Saat ini Kutai Kartanegara dipimpin oleh seorang bupati perempuan, Rita Widyasari.

Meski terkenal sebagai kabupaten yang memiliki pendapatan asli daerah (PAD) yang tinggi, bukan berarti pemerataan pembangunan sudah dirasakan oleh seluruh warga dibawah naungan kabupaten Kutai Kartanegara. Santan Tengah salah satunya. Di desa yang mayoritas penduduknya dari suku bugis ini baru bisa menikmati penerangan listrik 24 jam dalam satu hingga dua tahun lalu.

Di desa yang merupakan tempat kelahiran Prof. Kamaruddin Amin (Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI) ini belum meiliki pasilitas air bersih. Untuk kebutuhan air minum, warga memanfaatkan air hujan atau membeli air bersih di kota tetangga yakni Bontang yang bisa ditempuh melalui perjalanan darat selama 1 jam dari desa Santan. (*)

10957890_935823506442303_3091337861041174804_n

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here