Kepulauan Selayar, Inspirasimakassar.com:

Kabupaten Kepulauan Selayar, kekurangan lebih 2.000 tenaga  PNS. Namun yang terbanyak adalah tenaga guru dan tenaga kesehatan. Untuk menutupi kekurangan iyu, maka pada Februari 2019 lalu, Pemda telah mengusul ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) di Jakarta sebanyak 601 CPNS. Namun yang direalisasikan tahun ini hanya 113 orang dengan rincian untuk tenaga guru 54 orang, tenaga kesehatan 33 orang dan 26 orang tenaga teknis lainnya.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kepulauan Selayar, Drs Muhtar, MM dalam rapat koordinasi yang dipimpin Sekda,  Dr Ir H Marjani Sultan, M.Si, Jumat, 1 November 2019. Tampak hadir Asisten Administrasi Setda, Drs Dahlul Malik AN, MH.

Menurutnya, syarat-syarat yang akan diterima sebagai CPNS akan diumumkan pada Senin, 4 November 2019 pekan depan. Sedangkan pendaftarannya menurut rencana mulai dibuka pada 11 Nopember hingga 30 hari ke depan. Pendaftaran itu akan dibuka langsung oleh Pemerintah Pusat melalui KemenPAN RB pada sebuah aplikasi secara online.

      Untuk penerimaan CPNS tahun ini hingga Desember hanya sampai pada seleksi berkas. Sedangkan tesnya akan dilaksanakan pada Februari sementara pengumuman finalnya di Maret – April 2020. “Penerimaan CPNS untuk tahun 2020 menurut wacana dari KemenPAN RB kembali dibuka pada Juli, sehingga Pemda Kepulauan Selayar kembali akan mengusul pada Maret 2020 mendatang. Penerimaan CPNS akan berlangsung sampai tahun 2025, ” ungkapnya.

 Muhtar menambahkan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS 2019 ini sama dengan pelaksanaan tes sebelumnya dengan menggunakan Computer Assisted Tes (CAT). Kendati demikian kata dia pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini semua kabupaten/kota dianjurkan penyelenggaraannya ditempatkan dimasing-masing kabupaten/kota. Dan usia peserta minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Ini tentunya akan menguntungkan bagi peserta karena tidak akan jauh-jauh lagi mengikuti seleksi hingga keluar daerah,” imbuhnya.

         Terkait pelaksanaan seleksi CPNS, Sekda Kepulauan Selayar, H Marjani Sultan mengimbau agar calon peserta dapat membaca dengan baik mengenai petunjuk pendaftaran karena pendaftarannya akan dilakukan secara online. Selain itu, semua peserta juga diharapkan agar jangan terpengaruh dengan rumor dan atau informasi dari orang lain, apalagi jika ada oknum yang menjanjikan untuk diluluskan. Sebab mengenai lulus dan tidaknya sangat tergantung kepada yang bersangkutan serta kesiapannya menghadapi seleksi CPNS ini,” ujar Marjani. (M. Daeng Siudjung Nyulle – Inspirasi Selayar)

BAGIKAN
Berita sebelumyaRatusan Murid SD di Makassar dan Gowa Ikuti Pemeriksaan Mata Gratis yang Digelar LCM United
Berita berikutnyaFour Points By Sheraton Bakal Hadirkan Program Seru Bagi Pecinta Kuliner
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here