ini-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-kamu-berbuka-puasa-dengan-kurma

 

INSPIRASI – Di bulan Ramadhan seperti saat ini, kurma menjadi makanan yang umum ditemui dimana pun. Sebabnya mereka yang  menunaikan ibadah puasa disunnahkan untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa setelah minum segelas air.

Sebenarnya, apa saja manfaat kurma saat berbuka puasa, bahkan Nabi yang mulia Muhammad SAW menganjurkannya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah jawabannya.

Mencegah sembelit
Makan kurma ternyata bisa membantu mencegah sembelit lho. Namun kamu harus merendamnya terlebih dahulu dengan air hangat semalaman. Setelah itu minumlah saat sahur sehingga kamu bisa BAB dengan lancar di pagi hari.

Meningkatkan zat besi
Kurma adalah makanan yang tinggi akan sumber zat besi. Nutrisi ini penting bagi produksi sel darah merah sehingga bisa mencegahmu dari rasa lemas saat puasa.

Menurunkan kolesterol
Kamu ingin menurunkan kolesterol dengan cara yang menyenangkan? Konsumsilah kurma. Sebab kurma dapat mengikis kolesterol jahat dan menjaga arteri tubuhmu tetap sehat.

Meningkatkan energi
Mencampur kurma, susu, dan madu ternyata bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh, lho. Terutama bagi kamu yang sudah seharian berpuasa.

Mengurangi tekanan darah
Selain baik untuk menurunkan kolesterol, makan kurma juga mampu menjaga agar tekanan darahmu tetap terkontrol. Konsumsi 3-4 kurma saat berbuka untuk mendapatkan manfaat sehat tersebut.

Mencegah diare
Kurma mengandung kalium di dalamnya yang bermanfaat untuk mencegah diare serta menguntungkan bagi kesehatan usus.

Menjaga berat badan
Saat makan kurma, tak jarang kamu pun merasa cepat kenyang. Sehingga kamu mengonsumsi makanan berbuka dengan porsi yang wajar. Hasilnya, berat badanmu pun akan terkontrol dengan baik.

Menguatkan jantung
Makan kurma bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa minum air rebusan kurma secara rutin untuk menghindarkan jantungmu dari beragam penyakit berbahaya.

Selain manfaat di atas, kurma mengandung magnesium, tembaga, mangan, fosfor, kalium, zat besi, dan belerang. Sehingga kamu pun bisa meningkatkan kesehatan tubuhmu dengan makan kurma secara rutin tak hanya saat berpuasa saja. Selamat mencoba! (Int)

BAGIKAN
Berita sebelumyaProyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Temui Titik Terang
Berita berikutnyaLayanan Kesehatan, Home Care Pemkot Makassar, Raih Award Top Inovasi
Journalist Inspirasi Makassar. Lahir di Kutai Kartanegara, 25 Juli 1972. Studi SD hingga SMP (MTs As'adiyah) diselesaikan di sebuah desa penghasil batu bara, Santan Tengah, kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Menyelesaikan S1 di Fakultas Teknik Elektro, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Februari tahun 1999. Sementara pendidikan menengah atas ditempuh di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Watampone, Bone, Sulawesi Selatan. Mantan wartawan harian Fajar Makassar, penyiar dan reporter di radio berita Independen Fm serta kontributor Radio Berita 68H Jakarta.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here