Makassar, Inspirasimakassar.com:

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW-PSI) Sulsel, Fadli Noor mengingatkan pemerintah khususnya di Sulawesi Selatan, untuk menyiapkan beragam perangkat regulasi, serta sistem pendukung dalam menghadapi era normal baru (new normal).

Pemerintah harus segera menerbitkan Pergub, Perwali, ataupun Perbup untuk mengatur protokol kesehatan khususnya di area publik seperti mal, pasar, toko, perkantoran, sarana kesehatan publik, pendidikan dan rumah ibadah serta tempat-tempat umum lainnya yang menghadirkan keramaian.

Menurutnya, regulasi tersebut harus disertai kewajiban menyiapkan perangkat kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus corona antara lain sarana cuci tangan, hand sanitizer, serta rutin melakukan penyemprotan disinfektan.

Untuk memastikan terpenuhinya seluruh protokol kesehatan tersebut, pemerintah harus rutin melakukan kegiatan inspeksi dalam penegakan regulasi.

Selain itu, pemerintah harus rutin mengambil sampel acak dengan metodologi uji sampling pada setiap titik-titik sarana publik untuk melakukan swab test.

Saat ini vaksin dan obat covid-19 belum ditemukan, namun kegiatan produktifitas negara harus terus berjalan, agar negara memiliki pendapatan untuk membiayai sektor kesehatan dan sektor lainnya. Untuk itu, upaya preventif harus dilaksanakan, namun tetap produktif agar kebutuhan kuratif bisa terpenuhi. (ishadi ishak)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPelunasan Biaya Haji Tahap II Diperpanjang Hingga 29 Mei
Berita berikutnyaPertamina Sigap Tanggulangi Tumpahan Minyak Di Pesisir Pantai Makassar
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here