Makassar, Inspirasimakassar.com:

Prof Dr Ir Batara Surya, M.Si

Setelah mendapat amanah dan kepercayaan dari pemerintah melalui Kemenristekdikti untuk mengelola Program Studi (Prodi) S3 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) atau Planologi, maka mulai tahun ajaran pertama 2019 akan menerima mahasiswa baru 15 calon doktor.
Demikian Direktur PPs-Unibos Makassar, Prof Dr Ir Batara Surya, M.Si, di ruang kerjanya, Selasa, 8 Januari 2019.

Sejak dibuka, pekan ini, sudah ada 4 orang yang mendaftar untuk mahasiswa angkatan pertama. Direncanakan kuliah perdana dilaksanakan pada April 2019.
“Sekadar diketahui, Prodi S3 Perencanaan Wilayah dan Kota ini merupakan, satu-satunya di Kawasan Timur Indonesia, sehingga peminat datang dari seluruh tanah air, “tutur alumni pertama S1 Tehnik Planologi Universitas 45 ini.

Menurut Guru Besar pertama Analisa Lolasi dan Pola Keruangan di KTI ini, sejumlah kampus telah berminat melakukan kerjasama termasuk di antaranya Universitas Tarumanegara di Jakarta. Kerjasama itu terkait pengiriman dosen PWK dan alumni S2 PWK melanjutkan studi S3 PWK di kampus.

Sumber daya dosen yang akan mengajar dan melakukan transper ilmu pengetahuan dan keterampilan sebanyak 6 orang dengan gelar Guru Besar. Selain itu ada juga beberapa doktor yang ahli pada bidang PWK, ungkap doktor sosiologi perkotaan PPs-UNM ini.

Unibos Makassar mengelola S1 Tehnik Planologi sejak 1986 dan merupakan prodi satu-satunya di masa itu di KTI. Kemudian membuka S2 PWK sejak 2006 dengan nilai B akreditasi dari BAN-PT. Beberapa alumni dari S2 PWK sejak dari dulu mendesak almamaternya membuka prodi S3 PWK.
“Tuntutan dan desakan alumni dan stakeholder lainnya, Alhamdulilah terpenuhi dengan keluarganya SK pembukaan S3 PWK dan mulai terima Januari-awal April 2019,” urai Batara. (yahya)

BAGIKAN
Berita sebelumyaS3 PWK Unibos Pertama di Luar Jawa
Berita berikutnyaPPs-Unibos Makassar Luncurkan Lima Jurnal Ilmiah
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Anak bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here