Makassar, Inspirasimakassar.com:  Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Prof. Dr. Ir. Saleh Pallu , M.Eng, meluncurkan lima jurnal ilmiah yang diterbitkan dan dikelola Program Pascasarjana Unibos.
Peluncuran lima jurnal ini dirangkaikan syukuran atas terbitnya SK Program Doktor (S3) Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) atau Planologi, Selasa, 8 Januari 2019. Launching jurnal postgraduate Bosowa University Publishing ini dikoordinir Prof. A. Muhibuddin.

Rektor Unibos Prof Saleh Pallu mengemukakan, patut mensyukuri hal ini karena selama tiga tahun setelah resmi menjadi Unibos, kami diberi kepercayaan untuk dapat diberi izin membuka 11 program studi baru.

Salah satu langkah awal untuk mendorong kualitas PT, kami berupaya untuk meningkatkan jumlah jurnal Unibos baik nasional maupun internasional dan yang terindeks scopus. Sehingga mulai sekarang kami mewajibkan mahasiswa S2 Unibos menulis jurnal sebelum lulus”, kata Prof. Saleh Pallu.

Direktur Pascasarjana Unibos, Prof Dr. Ir. Batara Surya menyebutkan, peluncuran lima jurnal ini merupakan inovasi terbaru usai penerimaan SK S3 PWK. “Setelah launching ini, kami berencana melakukan seminar nasional dengan melibatkan sivitas dari Universitas Gadjah Mada,” ujarnya.

Sebagai satu langkah awal untuk memajukan pascasarjana Unibos, Prof. A. Muhibuddin menjelaskan jika jurnal bagian penting dari kualitas perguruan tinggi. Tetapi dalam proses pengelolaannya, tidak hanya membutuhkan tenaga berkualitas tetapi juga membutuhkan fasilitas pendukung penerbitan jurnal.

Pengelola jurnal itu harus lebih teliti, sebab tidak hanya fokus pada bagaimana publishing jurnal tetapi juga mulai hal kecil seperti bagian editing jurnal.
” Saat ini jurnal postgraduate Unibos sudah ada dibeberapa bidang seperti bidang Hukum, Administrasi Negara, Ekonomi khususnya Manajemen, Perencanaan Wilayah dan Kota dan Perikanan,” kata A. Muhibuddin.

Saat ini, Jurnal Unibos telah terbit dengan dua versi yaitu versi online dan cetak. Bagian penerbitan Unibos tentunya tidak hanya menerbitkan jurnal lokal saja tetapi juga menerima referensi jurnal dari perguruan tinggi dan insan akademisi luar lainnya.

” Kami berencana melakukan penerbitan dua kali dalam setahun dengan periode selama per enam bulan. Sebenarnya penerbitan ini sudah lama kami lakukan hanya saja wadah yang benar-benar kami fokuskan seperti arahan Rektor baru dapat kami realisasikan sekarang, ” tuturnya. (nikita)

BAGIKAN
Berita sebelumyaProf Batara Surya: S3 PWK PPs-Unibos Siap Terima 15 Calon Doktor
Berita berikutnyaProf Jasruddin : Masih Ada 143 Prodi Belum Terakreditasi
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Anak bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here