Makassar, Inspirasimakassar.com :

Industri Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industri Budaya (terutama di Eropa atau juga Ekonomi Kreatif.

Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan, industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Di Indonesia, bisnis kreatif dinilai memiliki peran besar terhadap perkembangan perekonomian. Para pelaku bisnis kreatif pun didorong untuk dapat bersaing di era Revolusi Industri 4.0.

Untuk itu, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan bidang usaha produktif bertema “Menuju Bisnis Kreatif yang Siap Berkompetisi di Era Industri 4.0” di Fave Hotel, Kamis, 18 Juli 2019.

Menurut Asisten I Pemkot Makassar, Azis Hasan, saat membuka kegiatan tersebut, saat ini dibutuhkan kejelian dan juga antisipasi strategis serta terintegrasi bagi masyarakat yang ingin berkecimpung di dunia usaha kreatif mengingat era tersebut ditandai dengan digitalisasi.

“Sehubungan dengan fenomena tersebut, momentum kegiatan kita pagi ini tentu sangatlah strategis. Membangun strategi bisnis kreatif yang siap berkompetisi di era perubahan yang bersifat distruptive serta multi talent, khususnya pada sisi entrepreneurship,” ujarnya.

Azis Hasan melihat, perubahan teknologi yang berbasiskan internet saat ini juga memungkinkan tumbuhnya usaha-usaha rintisan (startup) baru yang tentunya menjadi peluang hadirnya lapangan kerja baru yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Sekalipun demikian, katanya, hal tersebut akan sulit bagi bidang usaha yang masih konvensional. Jika tak ingin tergerus, maka bidang usaha konvensional harus mampu bertahan bahkan survive melakukan transformasi di tengah massifnya disrupsi teknologi. (ssc)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPemimpin Selayar Akan Datang Dari Timur
Berita berikutnyaKementan Akan Bantu 2.000 KK Rakyat Miskin di Selayar
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here