Sleman, Inspirasimakassar.com:

Menhub

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap kepekaan maskapai dalam menyikapi persoalan tarif tiket pesawat yang masih mahal. Dia meminta pihak maskapai bijak dalam menghadapi persoalan tersebut.

“Saya minta kepekaan daripada operator ini karena masyarakat itu sudah sangat tergantung dengan konektivitas udara. Kita menghubungkan dari pulau ke pulau itu dengan fasilitas udara,” ujar Budi kepada wartawan di UGM Yogyakarta, Jumat (22/2/2019).

“Oleh karenanya saya mempersilakan INACA (Indonesia National Air Carriers Association) untuk diskusi dengan para anggotanya. Supaya proses itu (penyesuaian harga tiket pesawat) bisa berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Budi menjelaskan, sebenarnya pihak maskapai tidak melanggar regulasi apapun dalam kebijakannya menaikkan harga tiket. Oleh karenanya, Kemenhub tak bisa menekan pihak maskapai meskipun kenaikan harga tiket banyak dikeluhkan.

“Bahwa memang ada satu kecenderungan yang memberikan suatu kenaikan (harga tiket pesawat) yang tiba-tiba dan relatif tinggi, membuat beban masyarakat itu besar. Nah, oleh karenanya saya hanya bisa mengimbau,” terang Budi

“Kami tidak boleh mengatur industri (penerbangan) karena dia tidak menyalahi. Saya mengimbau kepada mereka (maskapai) untuk memberikan sebuah kenaikan (tiket pesawat) secara bertahap yang kondusif, yang terjangkau ya,” tuturnya.

Sejumlah Airline, lanjut Budi, kini mulai menurunkan harga tiket pesawat. Sebagai contoh Garuda telah menurunkan harga tiket pesawat sampai 20% “Saya melihat bahwa beberapa Airline sudah melakukan (penurunan harga tiket) secara baik,” tutupnya. (df)

BAGIKAN
Berita sebelumyaGubernur se-Indonesia Minta Gaji Naik, Ridwan Kamil Bilang Begini
Berita berikutnyaSuami Bunuh Istri yang Hamil Tua, Anak Selamat
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here