Salam InspirasiCOVER OKMI OK1

Makassar International Eight Festival and Forum 2018 (F8) menjelma sebagai industri baru. F8 membukukan transaksi berjalan lebih 20 milaran rupiah. Rapornya, sedikitnya 3 kali trending topic jagad maya Twitter. Lalu, sekali diantaranya runner up. Hastag yang menembus chart teratas #PesonaEightFestival2018 (dua kali) dan #PesonaF8Makassar. Bentuk nyatanya berupa ledakan jumlah pengunjung, hingga mencapai lebih  juta orang.

Panggung utama yang berbentuk angka delapan, menjadi tempat pameran fesyen mengesankan. Musiknya dramatis. Gaya rok dan pakaiannya luar biasa. Ada pertunjukan yang sangat indah oleh kelompok difabel di Kota Daeng ini.

Ciri khas festival ini adalah, sifat inklusifnya. Hampir semua  pengunjung mendapatkan hiburan menyenangkan. Untuk menambah keramaian festival ini, sepanjang waterfront Pantai Losari, terdapat juga ratusan kios yang menjajakan makanan, minuman, kerajinan tangan, dan lain-lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak salah, jika Gubernur Sulsel saat membuka kegiatan F8, 10 Oktober 2018, merasa bangga. Mantan bupati Bantaeng dua periode ini mengharapkan, F8 tetap memberi ruang pada budaya lokal. “Ini event sudah menjadi kebanggaan kita semua.

Apresiasi yang sama dikemukakan  Deputi Pengembangan Pasar Wisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Eko Astuti, yang memberikan sambutan usai Nurdin Abdullah. Esthy yang juga Ketua Pelaksana Calender of Event 2018 mengakui, F8 adalah pagelaran yang sangat luar biasa. Pasalnya,  kegiatan ini, telah masuk sebagai salah satu dari 100 event wonderful nasional.

Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengakui, kegiatan F8 tidak sekadar hiburan. Intinya, adalah   bersatu untuk Indonesia, baik dalam motivasi kebudayaan, juga untuk kemanusiaan. Alasannya jelas, 60 pengungsi Palu yang berada di Kota Makassar, juga diajak mengikuti agenda ini.

Keunggulan F8 ini membuat Redaksi Majalah Inspirasi mengangkatnya sebagai laporan utama delapan halaman (mulai 4-11), untuk edisi Oktober 2018. Pada rubrik  parlemen, Majalah Inspirasi mengangkat judul “Dewan Apresiasi Deviden PDAM Makassar”.  Pasalnya, Perusda yang dipimpin Haris Yasin Limpo ini berhasil meningkatkan setoran devidennya, dari  Rp35 menjadi Rp56 miliar.12

Sedangkan rubrik profil, mengupas tuntas  mantan aktivis yang juga pengusaha pers, Zulkifli Thahir. Pimpinan mingguan Koran Makassar dan online koranmakassar.com ini berjanji meneruskan perjuangan di parlemen lewat partai besutan Susilo Bambang Yudoyono, Demokrat.

DSC_0937

Wartawan Inspirasi dari Kota Parepare, Benny Latanrang mengisahkan Amarun Agung Hamka,S.STP,MSi. Awalnya, Kabag Humas dan Protokol Sekdakot di Kota Niaga  itu bercita cita  menjadi polisi—mengikuti jejak sang ayah yang juga polisi berpangkat kapten. Tak lolos saat tes di Akpol, lelaki Bugis (Pinrang-Sidrap) kelahiran Makassar  3 Oktober 1981 ini berhasil di STPDN. Tugas pertamanya di Majene, kemudian ditarik ke provinsi baru Sulawesi Barat mendampingi pejabat gubernur, Oentarto Sindung Mawardi.DSC_8089

DSC_8120Khusus rubrik agribisnis mengangkat  Potensi lahan negeri Siri Sori Islam, Kecamatan Saparua Timur, Maluku Tengah  cukup besar. Salah satunya, kesuburan lahannya.  Hanya saja, pemanfaatan kekayaan alam itu belum maksimal. Kerja cerdas kelompok yang diketuai Jusuf Saimima dan Sekretaris Amat Wattiheluw, itu pun kini mengantongi pundi-pundi rupiah dari panen jagung, cabe, dan terung.

Seperti biasa, majalah kesayangan ini juga mengangkat rubrik yang tak henti hentinya memberi inspirasi kepada pembaca. Diantaranya kuliner, inspiratif, kiat sukses, tren bisnis, wisata, dan lainnya. SELAMAT MEMBACA..  (Redaksi)

 

BAGIKAN
Berita sebelumyaGiliran Pasien Gempa Sulteng di RS Daya dan RS Dr Tadjuddin Dikunjungi IKA IPA9-10 Smansa 82
Berita berikutnyaWahab Tahir Apresiasi Danny Pomanto
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Anak bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan MUh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here