Kepulauan Selayar, Inspirasimakassar.com :

 Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kepulauan Selayar, Nandar Jamaluddin dalam pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap, Rabu, 14 Oktober 2020, menetapkan 93.797 Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar yang akan dihelat 9 Desember 2020 mendatang.

Keputusan ini diambil setelah 3 komisioner menandatangani daftar hadir masing-masing, Nandar Jamaluddin (Ketua), Sukardi dan Andi Nastuti sebagai anggota dari 5 anggota KPUD Selayar. Karena itu, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sudah memenuhi kuorum.

Berdasarkan hasil rapat pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Kecamatan Benteng yang terdiri dari 3 kelurahan dan 52 Tempat Pemungutan Suara (TPS) memiliki DPT sebanyak 7.358 laki-laki dan perempuan 8.506, sehingga total pemilih di Kecamatan Benteng mencapai angka 15.864.

Tercatat sebagai pemilih baru 71 laki-laki dan 17 perempuan. Di wilayah Kecamatan Bontoharu dari 8 desa dan kelurahan dengan jumlah 37 TPS mempunyai DPT sebanyak 4.860 laki-laki dan 5.113 perempuan, sehingga totalnya mencapai 9.073. Adapun pemilih barunya sebanyak 43 orang terdiri dari 22 laki-laki dan 21 perempuan. 

Sementara itu, di Kecamatan Bontomate’ne terdiri dari 4.638 laki-laki dan perempuan 5.272 sehingga total pemilih di kecamatan paling utara ini mencapai 9.910 orang. Pemilih ini akan menyebar di 40 TPS di 12 desa dan kelurahan.

Adapun pemilih barunya terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Untuk Kecamatan Bontomanai dari 10 desa dan 44 TPS memiliki DPT sebanyak 9.850 orang yang terdiri dari 4.766 laki-laki dan perempuan 5.084 orang. Sebanyak 14 laki-laki dan 21 perempuan adalah pemilih baru di Kecamatan Bontomanai.

Khusus di Kecamatan Bontosikuyu yang terdiri dari 12 desa dan 41 TPS, juga mempunyai pemilih baru sebanyak 29 orang dengan total DPT sebanyak 10.904 orang. Rinciannya adalah, 5.287 laki-laki dan 5.617 perempuan.

Sedangkan di Kecamatan Buki yang terdiri dari 7 desa dan 23 TPS memiliki wajib pilih yang ditetapkan melalui DPT sebanyak 2.316 laki-laki dan 2.508 perempuan. Mempunyai pemilih baru sebanyak 15 laki-laki dan 9 orang perempuan.     

 Untuk lima wilayah kecamatan pulau, yang terbanyak DPT nya adalah, Kecamatan Taka Bonerate sebanyak 8.769, menyusul Kecamatan Pasi’marannu 7.258, Kecamatan Pasi’masunggu sebanyak 5.895 orang, Kecamatan Pasi’masunggu Timur 5.287 orang. Kecamatan Pasi’lambena sebanyak 5.263 orang. Sehingga total keseluruhan dari 11 wilayah Kecamatan mencapai 93.797 yang terbagi 44.949 laki-laki dan perempuan 48.848 orang.     

      Usai pleno, Ketua KPUD Selayar menyerahkan hasil DPT Pilkada Selayar tahun 2020 kepada Asisten Pemerintahan, Polres Kepulauan Selayar, Kodim 1415 Selayar, LO pasangan calon masing-masing dari BAS oleh Andi Bachtiar Efendy dan ZAS oleh Muh Sapri.   

      Hadir dalam rapat pleno itu di antaranya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Selayar, Wakapolres, Kompol Abd Rahman, unsur Kejaksaan Negeri, unsur Kodim 1415 Selayar, Asisten Pemerintahan, Drs Suardi mewakili Bupati, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Drs Patonrangi Pasbal, pimpinan partai politik, LO pasangan calon, LSM, Ornop, Pers, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua Panwascam se kabupaten dan Ketua dan anggota PPK Komisi Data se Kabupaten Kepulauan Selayar. (M. Daeng Siudjung Nyulle)

BAGIKAN
Berita sebelumyaOperasi Yustisi, Polda Sulbar Terus Disiplinkan Masyarakat yang Bandel
Berita berikutnyaPleno Terbuka Penetapan DPT Pilkada Selayar
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimpin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa. Pernah diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar. Kini, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here