Sekretaris KORMI Kota Makassar menyerahkan Winner Board kepada juara 1

Makassar,Inspirasimakassar.com:

Tim Kecamatan Ujungpandang, meraih juara 1 lomba Senam Lorong Wisata (Longwis), dengan nilai 2760. Lomba yang digelar Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Makassar juga menempatkan tim Bontoala A juara 2 (2715), Tallo A juara 3 (2641), Makassar juara 4 (2476), dan Mariso juara 5 (2366). Sementara juara  favorit Tamalate A.

Selain mendapat piala, para juara juga mendapatkan uang pembinaan masing masing juara 1 (Rp 3.250.000), juara 2 (Rp 2.750.000), juara 3 (Rp 2.225.000), juara 4 (Rp.2000.000), juara 5 (Rp1500.000), serta juara favorit (Rp1000.000).

Sekretaris Umum KORMI Kota Makassar, Drs.M.Djamaluddin Maulana,M.Si saat menutup lomba yang diikuti 32 tim se Kota Makassar, Rabu, 31 Agustus sore tadi mengharapkan, seluruh peserta agar terus berlatih, sekalipun bukan menjelang lomba, melainkan selalu melakukan latihan agar olahraga rekreasi ini terus hidup dan membumi di seluruh lorong di ibukota Sulawesi Selatan ini.

Menurutnya, sekalipun kehadiran senam lorong wisata ini baru seumur jagung, hanya saja gerakan gerakannya  lebih menarik dan sesuai dengan keberadaan warga kota, termasuk lorong lorong di Kota Daeng ini. Misalnya, dapat menjalin kekerabatan, persatuan, sekaligus menjaga agar tubuh tetap bugar. Dari kebugaran kaan lahir manusia manusia yang sehat. Dan yang lebih penting, jenis olahraga yang satu ini membuat gembira.

Nah, demikian Djamaluddin Maulana, KORMI Kota Makassar   akan terus menumbuhkembangkan olahraga rekreasi senam ini hingga ke lorong lorong di seluruh Kota Makassar. Apalagi, program KORMI ini sangat bersentuhan dengan program Pemerintah Kota Makassar yakni, Lorong Wisata yang digagas Walikota Moh Ramdhan Pomanto.

“KORMI akan selalu mengambil bagian, dan mendukung program pemerintah khususnya di bidang olahraga. Salah satunya mendukung program lorong wisata, melalui senam lorong wisata yang kami lombakan hari ini (Rabu),” tutur Djamal–sapaan akrab Kepala Bidang Pembudayaan dan Pembinaan Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Kota Makassar yang juga mantan salah satu Lurah di kota ini, seraya menambahkan suksesnya senam lorong wisata ini berkat kerjasama antara KORMI Kota Makassar, dengan Dispora Kota Makassar.

 Menurutnya, senam lorong wisata yang diciptakan Drs.Nio Haksani,M.Pd juga adalah orang KORMI sendiri. Sehingga, KORMI Kota Makassar terus berupaya memaksimalkan peran peran positifnya, dan terus berupaya memasyarakatkan olahraga ini dengan baik.

Sebelumnya, Drs.Nio Haksani menyebutkan, jika saja sudah merambah hingga seluruh lorong, tentunya  pihaknya akan menjadikan senam lorong wisata ini untuk meraih rekor MURI. Caranya, akan mengikutkan sedikitnya 20.000 orang sekali senam.

“Kita akan menjadikan senam lorong wisata ini untuk meraih rekor MURI. Jika saja setiap lorong di Kota Makassar ini mengikutkan 20 orang dalam senam lorong wisata ini, maka yakinilah kita akan meraih rekor tersebut,” ujar dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) ini.

Seperti diketahui, KORMI Kota Makassar, menggelar lagi Lomba Senam Lorong Wisata. Lomba yang diikuti 32 tim perwakilan kecamatan di kota yang dipimpin Moh.Ramdhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi ini, dibuka Wakil Ketua KORMI Kota Makassar, HM.Yunus Hj, di Taman Macan, Rabu, 31 Agustus 2022 pagi.
Mewakili Ketua Umum KORMI Kota Makassar, HM.Yunus Hj mengemukakan, sebagai organisasi organisasi mitra pemerintah, merupakan satu satunya yang bertanggung jawab terhadap olahraga rekreasi masyarakat, mulai dari mengelola, membina, mengembangkan, dan mengkoordinasikan setiap, dan seluruh pelaksanaan olahraga rekreasi masyarakat setiap lorong di ibukota Sulawesi Selatan ini.

Karenanya, seluruh jajaran KORMI lingkup Kota Makassar, mempunyai tugas dan peran besar membantu pemerintah dalam menentukan arah kebijakan, terkait pengelolaan, pengembangan dan pembinaan, serta pengembangan olahraga rekreasi masyarakat.

HM.Yunus HJ yang juga legislator Kota Makassar itu menilai, lomba senam wisata lorong merupakan salah satu langkah pro aktif mensukseskan, sekaligus membumikan program Pemerintah Kota Makassar, utamanya menyangkut lorong wisata.

“Alhamdulillah, Senam Lorong Wisata yang dilakukan KORMI Kota Makassar ini sangat bersentuhan dengan program Pemerintah Kota Makassar. Karena itu, selain juarannya mendapat piala, juga akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp12 juta. Makanya, berlombalah, dan tampilkanlah kreasi kreasi yang lebih baik, sehingga bisa meraih juara,” ujarnya.

Saat pembukaan oleh Wakil Ketua H.Yunus Hj.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Makassar itu menambahkan, seorang olahragawan dituntut menunjukan prestasi membanggakan, sehingga meraih juara.

“Disitulah menariknya olahraga. Dimana, seorang olahragawan dtuntut menang secara jantan , dan kalah secara terpuji. Seorang olahragawan juga disebut pahlawan, karena berhasil membawa nama harum tim yang diwakili,” sebut HM Yunus penuh semangat, seraya mengharapkan, setelah lomba senam lorong wisata, KORMI juga bakal menggelar lomba senam silat.

Olahraga apapun itu, tambah HM Yunus, juga merupakan arena pengesahan bakat muda, dan menjadi ajang bagi penyaluran kreatifitas.

Ketua Panitia Lomba Senam Lorong, Salama Kaplale,S.Pt, MM dalam laporannya menjelaskan, kegiatan sehari tersebut menggunakan anggaran dari APBD Kota Makassar tahun 2022.

“KORMI Kota Makassar akan terus melakukan, dan mengembangkan seluruh program kegiatan dengan menerapkan prinsip murah, meriah, menarik, manfaat, dan massal, atau 5M. Tujuannya, agar dapat meningkatkan antusias masyarakat Kota Makassar, termasuk menjadi wadah untuk menaungi berbagai jenis olahraga tradisional yang bersifat rekreasi,”jelas Sekretaris KORMI Kota Makassar ini.(din pattisahusiwa)

BAGIKAN
Berita sebelumyaMaafkan Pencuri, Warga Amerika : Penjara Tak Harus Dipenuhi Pelaku Kejahatan Kecil
Berita berikutnyaHidupkan Kawasan kuliner, BAZNAS Makassar Gelontorkan Rp226 juta
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimpin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa. Pernah diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar. Kini, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here