Pekalongan, Inspirasimakassar.com :

Habib Luthfi bin Yahya kembali menggelar kegiatan Silaturahim Nasional Ulama, Umaro, TNI, dan Polri di Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Silaturahim Nasional ini dibuka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu (7/12/2019).

Kegiatan dipusatkan di Lingkungan Pendopo Bupati Pekalongan hingga Minggu (8/12/2019) disamping dihadiri tokoh ulama se Indonesia juga sejumlah ulama dari berbagai negara, khususnya Ulama Besar Sufi.

Hadir pula, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Ketua PBNU Prof Said Aqil Siraj, mantan Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, pengurus Jatman Pusat di bawah Rois Jatman Maulana Habib Luthfi bin Yahya, termasuk ribuan warga.

Silaturrahim nasional kali ini diselenggarakan panitia dan pengurus Idaroh ‘Aliyah Jam’iyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabroh An-Nahdliyah (JATMAN) ini mengangkat tema ‘Peran Ulama, Umaro, TNI, dan Polri dalam menangkal radikalisme untuk mempertahankan empat pilar kebangsaan dan meneguhkan Aswaja’.

Salah satu sisi menarik dari Acara ini adalah saat seremoni pembukaan, pembacaan teks Pancasila dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Sulawesi Selatan yakni H. Anwar Abubakar.

Hal ini disampaikan oleh Habib Syekh KH. Abdul Rahim Assegaf Puang Makka Ketua Jamaah Tariqah Al Muktabarah An Nahdliyah (JATMAN) NU Sulsel, bahwa beliau diamanahkan langsung oleh Habib Luthfi Yahya untuk menunjuk langsung Kader Habib Puang (panggilan akrab Habib Luthfi kepada Puang Makka) dari Sulsel mengambil bagian dalam acara Pembukaan yaitu Pembacaan Tekh Pancasila.

Kakanwil Kemenag Sulsel H. Anwar Abubakar menyampaikan Rasa Syukurnya sesaat usai melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar.

“Membaca Teks Pancasila ini sesungguhnya adalah tugas rutin kami selaku ASN di Sulsel setiap upacara. Tapi memandu atau memimpin membaca Pancasila di acara nasional, dihadapan para tokoh ulama sedunia dan petinggi negara, terlebih tugas ini adalah amanah Habib Puang Makka dan Habib Luthfi, itu sesuatu yang luar biasa dan ini merupakan pengalaman bersejarah paling berharga bagi saya pribadi, semoga ini menjadi berkah bagi kami di Sulsel,” jelasnya penuh bangga.

Dalam kegiatan tersebut diatas, tampil juga sejumlah nara sumber diantaranya yakni Ketua PBNU Prof Dr Said Aqil Siraj dan ulama dari Yaman, Zaid bin Abdul Rahman.Kakanwil Kemenag Sulsel yang juga merupakaan Korwil Matan Sulsel mengutarakan, acara ini sangat memiliki makna besar bagi perjalanan bangsa Indonesia ke depan. Jika komponen ulama, umaro, TNI dan Polri sudah bersatu padu, soliditas negara Insya Allah tidak perlu diragukan lagi.

Silaturahim Nasional tahun ini diikuti sekitar 5.000 peserta dari Jawa dan luar Jawa. Khusus dari Sulsel sebanyak 9 peserta dari utusan kabupaten/kota.

Para peserta dari luar Jawa, disediakan penginapan di Pondok Pesantren Gus Nasir di Wonopringgo dan rumah-rumah penduduk.

Pimpinan JATMAN, Maulana Habib Lutfi bin Ali bin Yahya dalam acara tersebut juga menegaskan, agar ada ketegasan penanganan radikalisme dan tak memberi ruang sedikitpun bagi umat yang bersikap intoleran radikal. (Wrd)

BAGIKAN
Berita sebelumyaWagub Harap Susi Air Beroperasi di Toraja dan Selayar
Berita berikutnyaAlumni Smansa Makassar Tumpah di Taman Lumba-Lumba Ancol Jakarta
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here