Makassar, Inpirasimakassar.com:

Kadisnaker Kota Makassar, H.Muh Mario Said

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar akan  membuka bursa lowongan kerja atau job fair di 2019. Dalam event job fair ini Disnaker  berkerjasama dengan perusahaan perusahaan lokal dan nasional. Tujuanya,  untuk mengurangi angka pengangguran di ibukota Sulawesi Selatan ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja  Kota Makassar, H.Muh Mario Said mengemukakan,   tahun 2019 ini, pelaksanaan job fair  dibuka selama tiga kali. Salah satu harapan, agar para pencari kerja dapat terserap baik. Tentunya, sesuai dengan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ditarget menyerap 500 ribu kesempatan kerja.

Selain  job fair, demikian mantan Kadis Perhubungan Kota Makassar tersebut, Disnaker Kota Makassar masih fokus memberangkatkan pencari kerja  ke negara Jepang. Dinegara matahari terbit tersebut, para pemuda kota Daeng ini mengikuti magang.

Menurut Mario ditunjuknya Makassar sebagai pusat seleknas magang ke Jepang lantaran Kota Makassar merupakan kota terbanyak meluluskan tenaga kerja untuk diberangkatkan ke negeri sakura tersebut.

Mario mengemukakan,  sekitar 120 pendaftar magang ke Jepang hingga saat ini sekitar 41 orang yang tersisa. Sementara ke 41 orang tersebut selanjutnya akan mengikuti tes bahasa setelah mengikuti tes chekup. Pengumuman pertengahan Februari atau awal Maret.

Di bagian lain Mario menambahkan, bagi peserta yang berhasil dalam test nantinya kemudian akan diberikan pelatihan sebagai persiapan dan bekal seperta yang akan diberangkatkan magang ke Jepang. Ada beberapa prosedur dan tahapan yang mesti dilakukan bagi peserta sebelum diberangkatkan magang ke jepang. Dimulai dari pengumpulan berkas, tes matematika, tes kesamaptaan, tes ketahanan fisik, medical chekup, dan tes bahasa. (bko)

BAGIKAN
Berita sebelumyaGambar Kadisnaker Makassar Melepas Jenazah Kasi Pengupahan dan Jamsos
Berita berikutnyaRaja Siri Sori Islam Minta Remas Baiturrahman Kembalikan Kejayaan
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here