Jamaluddin SE

Bulukumba, Inspirasimakassar.com :

Kepala desa yang sukses adalah, kepala desa yang memaksimalkan infrastruktur desa, termasuk dekat dengan masyarakat. Kepala desa yang selain punya kepedulian dan selalu memperhatikan masyarakatnya baik suka maupun duka, juga turut menunjang pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Dan, yang tak kalah penting adalah, mampu memanfaatkan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa sesuai peruntukannya. Kepala Desa Malleleng, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Jamaluddin SE, misalnya.

Membangun desa berarti membangun Indonesia. Makanya, desa itu selalu berada dalam pikiran dan hati setiap penduduknya. Karena itu,  seorang kepala desa punya keseriusan dalam mengelola pemerintahan dan masyarakatnya. Apalagi, kerja kepala desa itu selama 24 jam.

Dikonfirmasi melalui jaringan selulernya belum lama ini, Kepala Desa Malleleng mengemukakan, dirinya fokus melakukan berbagai  pembangunan infrastruktur. Khususnya fisik seperti jalan desa,  kecamatan,   dan kabupaten, saluran irigasi, air bersih, dan sarana lainya. Sumber dana dari pembangunan tersebut berasal dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), yang diperoleh beberapa tahun terakhir.

Haji Jamal, sapaan akrab Jamaluddin mengakui, pertumbuhan ekonomi desa akan lambat bertumbuh, jika akses jalan tidak diperbaiki. “Kalau jalan-jalan desa baik,  jalan kecamatan, dan kabupaten mulus, maka hasil petani akan lebih cepat atau dengan muda tiba di pasar,” ujarnya.

Kantor Desa Malleleng

“Untuk itu,  sekiranya masyarakat Desa Malleleng dengan wajib pilih saat ini sebanyak 1.468, berkenan menitipkan amanah kepada saya, maka periode ke dua nanti, infrakstruktur kurang lebih 30% yang belum selesai akan dibereskan, sekaligus membangun sumber daya manusia, terlebih kalangan milenial,” ujarnya lagi, seraya mengakui kunci kemajuan desa terletak pada kepemimpinan yang dapat mengelola tata kelola pemerintahan yang maju dan inovatif.

Menyinggung strategi memenangkan Pilkades yang tinggal beberapa hari ke depan, suami dari Rosmaningsi yang telah dikaruniai tiga putra-putri ini mengatakan, tidak ada strategi khusus. Pasalnya, dirinya sudah berpengalaman memimpin dan berbuat demi kemajuan desa.

“Hasilnya, masyarakat yang menilai sendiri, apakah saya pantas untuk memimpin mereka kembali. Dalam rangka memenangkan Pilkades, Saya tidak pungkiri bahwa ada kerja-kerja ekstra,” imbuhnya.

Terpisah,  salah satu tokoh muda Melleleng berprofesi wartawan,  Abd Rahim Musbar ditemui di Terminal Malengkeri Makassar, Senin, 24 Februari 2020  mengemukakan, sangat penting membangun suatu daerah atau desa, kalau terjadi kesinambungan pemerintahan.

“Olehnya itu, saya berharap agar masyarakat Desa Malleleng memberi kepercayaan lagi kepada Jamaluddin untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur yang belum selesai,” harapnya.

Menjawab pertanyaan Inspirasimakassar. com,  Rahim menegaskan, semua yang disampakan Haji Jamal tentang infrastruktur benar adanya. Karena faktanya nampak di lapangan. Bahkan, ditangan Haji Jamal, dirinya sebagai masyarakat demikian bangga. Sebab, Kantor Desa Malleleng terbagus se Kecamatan Kajang.

“Sebagai warga Desa Desa Malleleng, kami sangat bangga, karena disaat pengresmian kantor desa  hadir bupati Bulukumba,” tutup Abd Rahim Musbar. (m said/inspirasimakassar.com)

BAGIKAN
Berita sebelumyaOh Ternate….
Berita berikutnyaSoal Proyek Kota Cerdas, JASCA-Pemkot Makassar Jalin Kerjasama
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here