• Makassar, Inspirasimakassar.com :
  • Ekonom menyebut pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan optimis lebih maju di masa datang. Hal ini dikemukakan Iwan Setiawan pada Seminar Nasional “Perkembangan Terkini Ekonomi Indonesia dan Tantangan Ke Depan” di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas, Rabu (2/10/2019).

“Kami optimistis, Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Selatan tumbuh pesat seiring dengan grafis perkembangan ekonomi didaerah ini dari tahun ke tahun mengalami peningkatan”, papar Iwan Setiawan selaku Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR) dan Layanan Administrasi Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan.

BI terus mendorong sendi – sendi ekonomi di Makassar dan sekitarnya agar tetap tumbuh dan stabil, salah satu diantaranya objek wisata karst Bantimurung yang merupakan terbaik kedua dunia, jelasnya.

Senada dengan Iwan Setiawan, Abd.Rahman Kadir menegaskan, Optimis Ekonomi Sulawesi Selatan maju alasannya produksi nikel mengalami perkembangan yang cukup signifikan meskipun tren ekonomi mengalami perlambatan selama hampir setahun ini ditengah perseteruan ekonomi Amerika dan Tiongkok.

Selain itu, Abd. Rahman Kadir memperkirakan 10 tahun mendatang kebutuhan akan kendaraan listrik menjadi kebutuhan primer di Sulawesi Selatan, seiring sejalan dengan program meminimalisir angka polusi udara didaerah ini, paparnya.

Sementara dari data yang dihimpun Inspirasimakassar.com dari Badan Pusat Stastik (BPS) Sulawesi Selatan bulan Agustus 2019, berdasarkan persentase dan negara tujuan ekspor yaitu sebesar 66,34 % produksi Nikel Sulawesi Selatan diekspor ke Jepang, Biji-bijian dan Tan diekspor ke Tiongkok sebesar 9,26%.

Sementara 6,67% produksi Lak, Getah dan Damar juga diekspor ke Tiongkok, begitu juga 4,31% produksi Besi dan Baja diekspor ke Tiongkok, serta 4,05% Produksi Belerang, Garam, dan Kapur diekspor ke Australia.

BAGIKAN
Berita sebelumyaPeringatan Hari Kesaktian Pancasila di BP-PAUD Berlangsung Sederhana
Berita berikutnyaRektor UIM Resmikan Kebun Pembibitan Tanaman Obat Keluarga
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here