Inspirasimakassar.com :

Bagian Hubungan Masyarakat (humas) Sekretariat Kota Makassar ikut ambil bagian dalam Kompetisi Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2019. AHI adalah anggota dari Public Relation Indonesia yang fokus terhadap pengembagan humas di Indonesia.

Kasubag Pengaduan Bagian Humas Sekretariat Kota Makassar, Nuri Trihendrayani, kepada wartawan mengemukakan, pihaknya telah mengikutkan aplikasi Sodarata’ dalam kompetisi tersebut pada kategori pelayanan informasi publik terinovatif dengan sub kategori aplikasi.

“Proposal itu sebenarnya sudah dikirim sejak Juli lalu. Sekarang kita tinggal tunggu hasil seleksi dari pihak panitia yang akan diumumkan pada 30 Agustus 2019 nanti di Jakarta,” ujarnya, pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Menurutya, pihaknya fokus menerangkan perihal gambaran umum, keunggulan dan mekanisme kerja aplikasi tersebut. Menurut dia, ada beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi Sodarata sehingga patut dipertimbangkan untuk lolos sebagai salah satu aplikasi pelayanan informasi publik terinovatif.

Pengguna diketahui bisa menjumpai 18 kategori aduan pelayanan publik yang bisa terhubung langsung dengan SKPD sebagai leading sektor. Seperti infrastruktur jalan dan drainase, kamacetan, pohon tumbang, kebersihan dan persampahan dan administrasi kecamatan.

Termasuk, administrasi perizinan, administrasi KTP dan KK, pelanggaran bangunan dan IMB, administrasi perindustrian, kebakaran, parkir liar, lampu jalan rusak, banjir, iklan yang tidak berizin, layanan kesehatan home care, serta anak jalanan dan gepeng.

Aplikasi Sodarata juga membantu untuk memonitoring kinerja pelayanan SKPD yang terwujud dalam bentuk layanan pengaduan cepat tanggap. Harapannya, aplikasi ini bisa membangun hubungan yang baik antar pemerintah dengan masyarakat.

Seperti diketahui, Aplikasi Sodarata’ bisa diakses lewat Play Store di telepon berbasis Android dengan ukuran 12 Megabyte. Dengan mengunduhnya, warga kota bisa berinteraksi langsung dengan birokrasi. Baik untuk menyampaikan saran, pujian, kritik, atau keluhan atas pelayanan aparat pemerintahan.

Aplikasi ini khusus diciptakan agar semakin memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aduan. Apa pun masukan dari masyarakat, bisa langsung diteruskan kepada wali kota, pimpinan instansi atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Penyampaian aduan bisa dilakukan warga dengan teks maupun mengunggah video pada aplikasi. Misalnya dengan memotret tumpukan sampah atau hal lain yang butuh penanganan cepat dari aparat pemerintah setempat. “Untuk dapat menggunakannya, cukup download dan daftarkan diri.

Aplikasi Sodarata’ merupakan buatan Muhammad Fiqry Ananta, siswa kelas 1 SMA Negeri 11 Makassar. Ini bentuk apresiasi pak Wali Kota terhadap kreativitas anak Makassar. Kita tidak lagi mencari aplikasi buatan orang luar, tapi bisa dengan memberdayakan kemampuan siswa kita di Makassar. (snc)

BAGIKAN
Berita sebelumyaQRIS, Satu QR Code untuk Semua Pembayaran
Berita berikutnyaHari ini Prof Akbar Kembali Temui H Saiful Arief
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here