Makassar, Inspirasimakassar.com :

Jemaah Calon Haji (JCH) Maluku Tengah, Pulau Buru, Buru Selatan, dan Maluku Tenggara yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 dilepas Wakil Kepala Bidang dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Makasar, H.Aminuddin di Aula II Asrama Haji Sudiang, Senin 15 Juli 2019.

JCH asal Provinsi Maluku berjumah 450 orang terdiri dari Kabupaten Maluku Tengah 189 orang, Maluku Tenggara 97 orang, Buru 118 orang dan Buru Selatan 48 orang. Termasuk 5 orang petugas haji. Mereka meninggalan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar tepat pukul 11.20 WITA, menggunakan Garuda Indonesia menuju Arab Saudi. Jemaah yang dipimpin tiba di lapangan King Abdul Asis tepat pukul 16.45 waktu Madina.

H.Aminuddin meminta, seluruh JCH menghilangkan stigma ke daerahan, sekaligus mengutamakan semangat ke-Indonesiaan. Sebab, Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki jamaah sangat tertib dan teratur.
“Jika sudah tiba di tanah suci, maka para jemaah adalah duta bangsa, sekaligus tamu Allah. Di tanah suci, jamaah akan memperkenangkan bagaimana melaksanakan kewajiban-kewajiban berhaji dengan baik, seperti tertera dalam rukun berhaji,” ujarnya.

Di bagian lain Aminuddin mengharapkan para jamaah menjaga persaudaran. Dia mengajak jamaah yang fisik kuat membantu yang lemah. Sebab, dengan saling membantu, maka berbagai persoalan dapat teratasi.
“JCH Maluku tetap berfokus pada niatan beribadah hanya karena Allah SWT. Tetap fokus ibadah haji saja,” harapnya.

Seperti diketahui, JCH Kloter 12, berusia rata-rata di atas 60 tahun. Kepala Seksi Urusan Haji dan Umrah KementerianAgama Kabupaten Maluku Tengah, Drs.H.Rahman Sanaky mengakui, khusus Maluku Tengah 64 jamaah diantaranya berusia 64 tahun. (citizen reporter Arfan–Humas Kantor Kementerian Agama Sulawesi Selatan, melaporkan dari Asrama Haji Sudiang Makassar)

arfan
BAGIKAN
Berita sebelumyaGubernur Sulsel Hadiri Dispora Launching Makassar Sehat Senam Sehat
Berita berikutnyaSuporter PSM Dapat Diskon 20 Persen Tiket Kapal Laut dari Pemkot Makassar
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here