Penyerahan berkas hasil penyidikan dari Kanit Reskrim kepada JPU Kejari Selayar

 Kepulauan Selayar, Inspirasimakassar.:

Gegara mengomentari sebuah postingan di Media Sosial (Medsos) Facebook yang diduga menguntungkan dan merugikan salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar untuk periode 2021 – 2024, kini oknum Kepala Desa KM (41) terancam 6 bulan penjara.

Pelapornya berinisial SR (29), salah seorang warga di Pasi’lambena dengan nomor laporan : 001/LP/PB/KEC/22.11/IX/2020 bertanggal 30 September 2020 yang kemudian diregistrasi di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kepulauan Selayar dengan Nomor : 004/SG/LP/KAB/27.22/X/2020.

Senin, (19/10/20) Kepala Unit Reserse dan Kriminal (Kanit Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar, Ipda Suhardiman, SH, MM telah menyerahkan berkas perkara hasil penyidikan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Selayar, Andi Trismanto, SH diruang Sentra Gakkumdu Kepulauan Selayar, Jl Dr Sam Ratulangi Kelurahan Benteng Selatan tadi siang. Pelimpahan berkas itu selain disaksikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Suharno, SH juga disaksikan oleh salah seorang komisioner Bawaslu, Abdul Kadir selaku pembina Sentra Gakkumdu.

Sekadar diketahui, berawal dari tindakan oknum Kepala Desa, KM (41) mengomentari sebuah postingan di medsos yang dinilai akan menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon maka salah seorang warga setempat melaporkan kepada Sentra Gakkumdu di Bawaslu Kepulauan Selayar.

Ketua Bawaslu Selayar, Suharno, SH

Laporan ini disinyalir telah melanggar tindak pidana Pemilu khususnya pada Pasal 71 ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang menyatakan,” Pejabat Negara, Pejabat Daerah, Pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN), Anggota TNI/Polri dan Kepala Desa atau sebutannya lainnya Lurah dilarang membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, diancam dengan pidana penjara paling singkat satu bulan dan paling lama enam bulan penjara. 

          Dari hasil pembahasan oleh Tim Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan pada 1 Oktober 2020 yang kemudian dilakukan penyelidikan oleh Bawaslu seterusnya ditingkatkan ketahap penyidikan berdasarkan hasil pembahasan kedua. Dari hasil penyidikan itu maka pada (18/10/20) kembali dilakukan pembahasan ketiga dengan sebuah kesimpulan bahwa Laporan Nomor : 001/LP/PB/KEC/22.11/IX/2020 sudah dapat ditingkatkan ke tahap penuntutan.     

    Ketua Bawaslu Kepulauan Selayar, Suharno, SH yang dihubungi via selulernya, Senin (19/10/20) menaruh harapan kepada Kepala Desa, KM agar dalam proses pemeriksaan dapat mematuhi norma-norma untuk tetap berdiri pada garis yang tak berpihak.

” Kepada oknum Kepala Desa agar dapat mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku dengan tidak melakukan perbuatan atau tindakan yang bisa dinilai berpihak kepada salah satu pasangan calon. Harapan ini bukan hanya ditujukan kepada oknum pejabat kepala desa akan tetapi juga kepada pajabat-pejabat lainnya dan oknum ASN didaerah ini.” ungkapnya. (M. Daeng Siudjung Nyulle)

BAGIKAN
Berita sebelumyaHMBA Kampanye di Kepulauan
Berita berikutnyaWagub : Semoga tiket subsidi ini bisa Tingkatkan ekonomi dan wisata
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimpin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa. Pernah diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar. Kini, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here