Makassar, Inspirasimakassar.com:

Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas), menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan  berupa edukasi tentang Vaksinasi, dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Covid-19 ini, berlangsung  di Puskesmas Batua, Jalan Abdullah Daeng Sirua, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sabtu, 16 Juli 2022.

Materi yang disampaikan pada kegiatan yang diikuti 30 orang kader kesehatan yang bertugas di seluruh wilayah kerja Puskesmas Batua ini erat kaitannya dengan Vaksin dan  KIPI Covid-19.

Abdul Majid, S.Kep, Ns, M.Kep. SPMB, yang tampil sebagai pemateri pertama  membahas tentang mengapa orang perlu di vaksin dan berbagai macam jenis vaksin Covid-19. Pemateri kedua Dr. Yuliana Syam, S.Kep, Ns, membahas tentang klasifikasi KIPI.

Pemateri lainnya adalah, Prof. Dr. Elly L. Sjattar, S.Kp., M.Kes. Ia mengulas tanda dan gejala KIPI, khususnya bagaimana mengetahui gejala dari KIPI ringan dan berat (syok anafilaktik). Sedangkan Indra Gaffar, S.Kep, Ns, M.Kep membawakan materi tentang apa saja yang perlu dilakukan jika terjadi reaksi KIPI setelah vaksin.

Usai pemaparan materi dilanjutkan diskusi dan tanya jawab. Di sela sela kegiatan ini juga dilakukan game, dengan cara melempar pertanyaan pada peserta. Jika peserta menjawab pertanyaan secara benar, diberikan hadiah menarik. Di akhir pertemuan, peserta juga diuji  pengetahuan tentang tingkat pemahaman pos tes. (*)

BAGIKAN
Berita sebelumya“Putra Parepare GoWes 1.000 Km Lintasi 3 Negara Eropa”
Berita berikutnyaMUI MAKASSAR SIKAPI KHILAFATUL MUSLIMIN, BANYAK DA’I TERJEBAK DEBAT KUSIR
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimpin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa. Pernah diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar. Kini, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here