Makassar, Inspirasimakassar.com:silat-1

Para juara foto bareng

Ratusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kota Makassar mengikuti kejuaraan pencak silat. Kejuaraan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar itu berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Makassar, 14-15 April 2018. Juara pada lomba yang dipimpin Drs.Amiruddin Rumalla sebagai ketua pertandingan itu adalah Nur Ilham dari SMP Negeri 5 Makassar dan Siti Naswa dari SMP Muhammadiah 12 Makassar masing-masing juara 1 tunggal putera dan juara 1 tunggal puteri.silat-4

Peserta sedang bertarug

Kepala Dispora Kota Makassar, diwakili Makmur S.Pd mengemukakan, pencak silat adalah seni bela diri yang memerlukan konsentrasi prima. Tujuannya, agar para pesilat mampu menyuguhkan permainan yang bukan saja mempertahankan diri dari dari serangan lawan, malainkan menjadi tontonan menarik.

Menurutnya, para peserta menunjukan prestasi yang cukup membanggakan. Karena, olahraga tradisonal ini merupakan pemersatu, sekaligus dapat mengharumkan sekolah yang diwakilinya. Bahkan, para juara akan diikutkan dalam perlombaan yang lebih tinggi. Misalnya, di kejuaraan daerah.silat-2

Makmur,S.Pd menyerahkan piala

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kota Makassar ini  menambahkan, banyak aliran dalam pencak silat, sehingga memberi warna, sekaligus memperkaya kekhasasan budaya bangsa, khususnya  dalam pentas seni bela diri. Para pesilatpun  diminta membangun komitmen yang kuat untuk tetap bersatu. Karena dengan persatuanlah,  peserta lomba dapat membesarkan pencak silat baik ke dalam, maupun keluar.

“Kami menyampaikan terima kasih atas seluruh peserta, yang telah menunjukan permainan yang cantik dan  bagus.  Tentunya, ini tidak terlepas dari kerja keras dari para pelatih,” tambah Makmur.

Sementara itu, panitia pelaksana diwakili Salama Kaplale,Spt,MM dalam laporannya mengemukakan, perlombaan ini diikuti ratusan peserta dari berbagai SMP negeri maupun swasta di Makassar.  Kejuraan bela diri ini juga dapat melestarikan olahraga asli Indonesia yang satu ini.silat-3

Salama Kaplale,Spt,MM menyerahkan piala

Kepala Seksi Promosi Olahraga dan Olahraga Prestasi Dispora Kota Makassar ini optimistis, para juara, di kejuaraan Pencak Silat level  SMP ini, tentunya untuk mendapatkan bibit  yang baik, sekaligus dipersiapkan agar ke depan mereka dapat membawa nama Makassar, baik di provinsi, maupun nasional. Karena itu, sekalipun telah meraih juara, namun peserta diharapkan  terus berlatih dengan tekun. (nyong)

BAGIKAN
Berita sebelumyaKetua Pansus DPRD Makassar Kecewa
Berita berikutnyaAlumni 3IPA9-10 Smansa 82 Kunjungi Teman Sakit
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Anak bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan MUh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here