Makassar, Inspirasimakassar.com :

Untuk ke dua kalinya Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar kembali mengadakan seleksi magang ke luar negeri di Kota Makassar. Negara tujuan yakni Jepang. Program ini sudah mulai di laksanakan sejak tahun 2018 lalu.

Ada berbagai tahapan yang harus di lalui para peserta. Pengetahuan dan kemampuan serta keahlian menjadi prioritas. Antusias warga pun cukup bagus. Sebanyak 155 peserta nampak memadati ruang Sipakatau,Balaikota Makassar, Senin (9/12/2019) siang.

Mereka hadir dalam kesempatan seleksi magang ke luar negeri yang di adakan oleh Disnaker Kota Makassar bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI dan IM Japan. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama 3 hari, mulai 9 hingga 12 Desember 2019.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, A.Irwan Bangsawan dikonfirmasi terkait kegiatan ini mengungkapkan, program ini bertujuan untuk memberikan ruang lapangan kerja bagi masyarakat yang memiliki kemampuan dan keahlian dan ingin bekerja di negara Matahari terbit itu.

“Program ini untuk mereka yang ingin bekerja di Jepang. Dengan catatan, harus memiliki kemampuan dan juga keahlian, agar sesampainya di sana tidak mencoreng nama Makassar. Peserta yang lolos seleksi, akan kami tempatkan pada perusahaan Jepang dan diberikan upah sesuai dengan standar yang berlaku di sana,” tutur Kadisnaker yang saat ini sedang sawon di Manila.

Pembukaan seleksi ini turut dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Makassar, Sittiara Kinang, perwakilan IM Japan di Indonesia, Mr Komiya dan Noto Panggabean Perwakilan Direktur Pemagangan Kemnaker RI.

Seleksi magang ke luar negeri ini dibuka dengan tes matematika dan tes kesamaptaan yang akan dilanjutkan, Selasa esok hari dengan tes ketahanan fisik lalu medical check up. Setelah itu, para peserta akan rehat selama 2 bulan untuk kursus bahasa Jepang, lalu akan dites kembali kemampuan bahasanya. Untuk tiap tahapan tes ini berlaku sistem gugur dan akan di cari peserta yang benar-benar siap bekerja di perusahaan asing.

Untuk biayanya sendiri, semuanya telah dianggarkan oleh Disnaker Kota Makassar, sehingga peserta hanya menyiapkan fisik, serta mengasah kemampuan saja. (Nana/humas)

BAGIKAN
Berita sebelumyaKepala BNN Sulsel Apresiasi Relawan Lembaga Anti Narkotika
Berita berikutnyaPhinisi di Anjungan Losari Berpindah Tangan
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here