Makassar, Inspirasimakassar.com:

Dampak Virus Covid-19 mulai dialami bisnis perhotelan di Sulawesi Selatan, accupancy hotel yang menurun semenjak pemberlakuan status tanggap darurat dirumah aja diperkirakan 26 hotel akan tutup sementara di Makassar.

Melalui pesan WhatsApp, Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Andi Junaidi membenarkan terkait adanya informasi 26 hotel tutup sementara waktu sampai Tanggap Darurat Covid-19 dicabut Pemerintah, Senin (30/3/2020).

“Iya, memang betul. sebanyak 26 Hotel mulai kelas melati sampai bintang 3 akan tutup sementara waktu sampai situasi bener-bener aman dari ancaman Virus Covid-19”, paparnya.

Junaidi menyebutkan, sampai saat ini beberapa hotel sudah tutup sejak seminggu terakhir namun kabar pastinya nanti pada tanggal 1 April 2020 akan diumumkan”, beber General Manager Hotel Dalton ini.

Junaidi pun membantah, jika 26 Hotel yang bakal tutup sementara waktu melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Dari data IHGMA, sampai saat ini hotel yang terdaftar 118 unit, dan 26 Hotel diantaranya berencana tutup sementara waktu dan menerapkan kebijakan “Cuti” bagi karyawan diawal April mendatang akibat Wabah Virus Covid-19, kami berharap semoga Wabah Virus Covid-19 segera pulih sehingga dampak sosial khususnya bisnis perhotelan tidak makin meluas, tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Marketing Comunication (Marcom) Hotel Claro Richwan Wahyudi menyebutkan bahwa 50 % karyawan Phinisi Hospitality bakal dirumahkan akibat dampak Wabah Virus Covid-19.

“Iya kabarnya demikian, sebanyak 26 Hotel dan 44 Resto tutup sementara waktu dan untuk karyawan hotel dibawah naungan Phinisi Hospitality bakalan dirumahkan 50%”, imbuhnya. (ishadi ishak)

BAGIKAN
Berita sebelumyaLLDIKTI IX Himbau PTS Perpanjang Progam Work From Home dan Pembelajaran Daring
Berita berikutnyaPolda Sulbar Semprot Disinfektan Secara Massal
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here