Makassar, Inspirasimakassar.com:

Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan merilis hasil survei yang dilakukan pada bulan agustus 2020, terkait kondisi perekonomian di tengah situasi pandemi Covid-19.

Dari hasil survei tersebut, optimisme masyarakat terhadap kondisi perekonomian daerah di tengah kondisi situasi pandemi Covid-19 kembali tertahan.

Bambang Kusmiarso menyebutkan, kondisi perekonomian Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan kembali tertahan berdasarkan dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang sebesar 62,8 atau lebih rendah dibandingkan IKK Juli 2020 sebesar 73,4. Indeks tersebut masih di bawah batas indeks optimis (100).

Secara lebih detail, dapat diketahui bahwa komponen IKK yang mengalami penurunan adalah indeks ketersediaan lapangan kerja dengan angka indeks sebesar 14,0 pada Agustus 2020, lebih rendah dari bulan Juli 2020 yang sebesar 29,5, kata Direktur Eksekutif Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso, Selasa (15/9).

Dijelaskan Bambang, Jika dibandingkan 6 (enam) bulan lalu, kondisi penghasilan masyarakat saat ini turut mengalami penurunan, ditunjukkan oleh indeks penghasilan sebesar 37,0 pada Agustus 2020, lebih rendah dibandingkan 51,0 pada Juli 2020. Demikian pula indeks konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama masyarakat menurun dari 65,0 pada Juli 2020 menjadi 57,0 pada Agustus 2020, paparnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, ekspektasi masyarakat terhadap prospek ekonomi 6 (enam) bulan ke depan juga belum menunjukkan optimisme. Hal ini tercermin dari indeks ekspektasi kegiatan usaha yang menurun ke level 96,5 pada Agustus 2020, dari 103,0 pada Juli 2020.

Pelemahan konsumsi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 turut berdampak pada penurunan kegiatan usaha. Indeks ekspektasi penghasilan masyarakat 6 (enam) bulan ke depan juga mengalami penurunan, dari 102,5 pada Juli 2020 menjadi 100,5 pada Agustus 2020, imbuhnya.

Selain itu, masyarakat masih belum terlalu optimis terhadap perbaikan ketersediaan lapangan kerja dalam 6 (enam) bulan ke depan. Indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja sebesar 71,5 atau lebih rendah dibandingkan indeks pada Juli 2020 sebesar 89,5 dan masih di bawah batas indeks optimis (100), tegasnya.

Selanjutnya, Bank Indonesia menghimbau untuk meningkatkan optimisme masyarakat terhadap pemulihan perekonomian, diperlukan dukungan dari semua pihak dalam penanganan COVID-19 dan peningkatan pemahaman serta kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan keseharian. (ishadi ishak)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPertamina pastikan Pasokan LPG 3 Kg sesuai kuota Daerah
Berita berikutnyaProf.Budimawan Serahkan flashdisk Naskah Buku Irjenpol Drs. Mas Guntur
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimpin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa. Pernah diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar. Kini, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here