Kamera bagi kamu yang suka dunia fotografi pasti saat ini sudah sangat dimanjakan dengan banyaknya produk kamera dari berbagai macam merek. Apalagi di Indonesia, kamera DSLR banyak digunakan oleh orang-orang untuk memotret objek bahkan foto selfie.
Tapi kemunculan kamera DSLR sepertinya sudah mulai tergeser oleh adanya smartphone canggih yang punya kamera dengan kelebihan tersendiri dibandingkan kamera DSLR. Dengan membeli smartphone canggih, Kamu tidak hanya bisa berkomunikasi saja, tetapi juga memotret dengan apik melalui teknologi kamera yang disematkan disana. Kamu pasti juga akan bingung apakah akan beli kamera DSLR atau Handphone canggih. Kamu terlebih dahulu bisa melihat beberapa keuntungan dari menggunakan smartphone canggih untuk memotret.
smartphone, photography, kamera
Image from Pixabay via Unsplash
Mana yang cocok untuk anda ? sebelum anda memutuskan berikut ini beberapa keuntungan dan kelebihan menggunakan smartphone canggih untuk kegiatan memotret daripada menggunakan kamera DSLR :
1. Resolusi Tinggi dan Praktis Dibawa Kemana-mana

Kamu tak usah bingung beli DSLR atau HP canggih, saat ini tak bisa dipungkiri lagi jika smartphone punya resolusi kamera yang bisa menyamai resolusi kamera DSLR dan bahkan melebihinya. Misalnya saja pada Nokia 808 PureView dan Lumia 1020 yang punya kamera dengan resolusi menyentuh angka 41 MP. Atau contoh lainnya, seperti smartphone Xperia Z3, Z2, Z1 dan HTC One M9 yang punya kamera beresolusi 20.7 MP. Resolusi kamera yang tinggi bukan?

smartphone, photo, phone
Image from Pixabay via FirmBee
Dengan kamera yang beresolusi tinggi, bentuk smartphonenya pun tidak lantas jadi tambah besar atau berat. Smartphone dengan resolusi kamera yang tinggi tersebut bentuknya masih sama seperti ponsel-ponsel pada umumnya. Sehingga tentu saja hal itu menjadi titik kelebihan dari smartphone canggih dengan kamera  beresolusi tinggi karena kamu tak akan lagi repot dan berat membawanya, seperti kamera DSLR. Kamu bisa dengan mudah membawanya kemana saja hanya dengan diselipkan ke kantong atau dimasukkan ke dalam tas, simpel.
2. Kemudahan Berbagi
Kamu juga tak usah bingung beli DSLR atau HP canggih, salah satu keuntungan jika kamu membeli smartphone canggih. Selain praktis untuk dibawa kemana-mana, kamu juga bisa langsung membagikan hasil jepretanmu ke sosial media yang kamu punya, seperti Instagram, Facebook, Path, atau lainnya.
iphone, smartphone, phone
Image from Pixabay via elcodigodebarras
Smartphone canggih sudah dilengkapi oleh sistem operasi, seperti Android, Windows Phone, iOS yang memudahkan kamu dalam hal berbagi atau sharing foto. Ditambah lagi dengan koneksi internet di Indonesia yang semakin cepat dengan dikeluarkannya teknologi 4G, kamu bisa dengan cepat mengunggah foto hasil tangkapanmu.
Meskipun ada pula kamera yang punya teknologi WiFi namun tidak semua orang dengan leluasa menggunakannya. Apalagi pada saat itu, kamu sedang tidak berada di wilayah WiFi, maka teknologi WiFi yang ada di kamera tersebut juga akan sia-sia.
3. Aplikasi Pendukung Kamera Lebih Banyak

Kamu yang suka foto-foto melalui kamera handphone pasti juga pernah menikmati aplikasi edit fotonya. Ya, dengan memiliki smartphone canggih, kamu bisa menikmati banyak aplikasi untuk edit foto. Misalnya saja smartphone Sony yang punya aplikasi penambah efek AR dalam foto atau bahkan kamu bisa live streaming ke youtube hanya dengan mejeng di depan kamera smartphone mu.

smartphone, woman, girl
Image from Pixabay via JESHOOTS
Ada pula banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto, seperti mengatur saturasi, kontras, brigthness ataupun efek-efek tertentu pada foto. Tentu selain menambah kreatifitasmu, kamu juga tidak lagi repot harus memindahkan foto untuk kemudian diedit di komputer seperti ketika kamu memakai kamera DSLR.
4. Optical Zoom
Jika kamu mempunyai smartphone canggih adalah optical zoom yang ada pada kamera smartphonemu sekarang bisa dibilang sudah berhasil menyamai optical zoom yang dimiliki oleh kamera DSLR. Kamu bisa dengan mudah melakukan perbesaran obyek foto melalui penyesuaian pada lensa sehingga hasil jepretanmu akan terjaga kualitasnya, tidak blur seperti saat kamu menggunakan digital zoom.
mobile phone, image, camera
Image from Pixabay via EliElschi
 5. Harga
Terakhir, yang tidak kalah pentingnya adalah harga dengan banyaknya pilihan smartphone saat ini maka harga pun lebih bervariasi dan umumnya sudah makin terjangkau dibandingkan apabila kita beli DSLR.
Itulah beberapa keuntungan menggunakan canggih untuk kegiatan memotret. Semoga bisa menjadi bahan pertimbanganmu saat bingung memilih antara beli kamera DSLR atau HP Smartphone canggih.