Makassar, Inspirasimakassar.com:

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar  membagikan 150 dus makanan siap saji dan bergizi bagi buruh harian di Tempat Pembuangan Akhir (TPS) Antang, Kecamatan Manggala. Pembagian makanan dipimpin Kepala Bidang IV BAZNAS Kota Makassar, Badal Awan itu dikemas dalam program ‘Sedekah Jumat Tolak Ba’la, atau SeJuTa,  tepat pukul 07.30, Jumat, 13 Januari 2023 pagi ini.

Badal Awan mengemukakan,  pihaknya bersama tim masing masing Fitri, Kamsir, serta Syarifuddin Pattisahusiwa mendatangi warga di lokasi kumuh tersebut sejak pagi.

 “Jadi kami dari BAZNAS Kota Makassar setiap bulannya mendatangi tempat tempat kumuh untuk berbagi bersama warga. Kami memberi makanan siap saji dan bergizi. Pagi pagi kami sudah ke sini. Tujuannya, agar  kami mendapati pekerja, sebelum mereka melakukan aktivitas,” tuturnya.

Mengapa hari Jumat menjalankan program SeJuTa, Badal mengakui, Jumat selain merupakan penghulunya hari, juga  paling mulia dan istimewa di sisi Allah SWT. Jumat juga termasuk dapat memperluas pintu rezeki, sekaligus menambah amalan baik.

‘Makanya, siapapun yang bersedekah di hari Jumat secara ikhlas, maka pahalanya dilipatgandakan. Malah, Allah SWT akan menambah rezeki di hari mulia ini. Sekalipun demikian, tidak berarti hari hari lainnya tidak mulia,” tuturnya.

Menurutnya, SeJuTa, merupakan salah satu program BAZNAS Kota Makassar, dari sekian program yang telah disusun selama satu tahun. Dimana, setiap hari Jumat, lembaga pemerintah nonstruktural yang lahir pada 17 Januari, 22 tahun silam  itu, menurunkan tim ke berbagai perkampungan kumuh di Kota Makassar.

“Tentunya, kami memilih waktu pagi hari, karena lokasi yang kami sasar seluruhnya bekerja sebagai pemulung. Para pemulung ini, mereka keluar mencari nafkah memang pagi hari, sehingga kami bisa memastikan, apa yang kami berikan betul betul tepat sasaran,” tambah Badal Awan.

Menyinggung sumber dana, Badal mengaku, berasal dari Muzakk—orang orang kaya di Kota Makassar, termasuk dari ASN dan para guru muslim, serta karyawan baik di BUMD, maupun Perusda Perusda, dan jajaran Polres Pelabuhan Makassar  yang menyerahkan zakat, infak, dan sedekah ke BAZNAS Kota Makassar.

 “Jadi, tentunya, keberhasilan program SeJuTa  BAZNAS Kota Makassar ini, tidak terlepas dari amanah para Muzakki di Kota Makassar. Dari Muzakki inilah, maka seluruh program BAZNAS Makassar terlaksana dengan baik, dan tepat sasaran,” urainya, seraya menambahkan, pembagian makanan kali ini juga kepada anak anak TK.

Selain SeJuTa, program lembaa Amil yang berkantor di Jalan Teduh Bersinar Nomor 5 , Kecamaytan Rapocini ini juga memliki sederet program lainnya, di antaranya, beaisswa, sunatan masal gratis, pemberian modal usaha tanpa pengembalian, pembinaan muallaf, pemberian tambahan biaya pengobatan, bantuan kemanusiaan, bersih bersih masjid, dan lainnya. (din pattisahusiwa)

BAGIKAN
Berita sebelumyaBantu Penderita Kusta dan TB, Ketua FKKM Salut BAZNAS Makassar
Berita berikutnyaBAZNAS di Usia 22 Tahun (1). Dua Dekade Melayani Ummat
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimpin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa. Pernah diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar. Kini, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here