Makassar, Inspirasimakassar.com :

Hari pertama pemutaran Film Ati Raja karya Sineas Makassar, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sulawesi Selatan menggelar Nonton Bareng (Nobar) Film Ati Raja di Studio Cinemaxx Mall PIPO Jalan Metro Tanjung Bunga, Jum’at (7/11/2019).
Film ini disutradara oleh Shaifuddin Bahrum, Penulis Skenario Ancu Amar, Yudikatif Sukatanya, dan Shaifuddin Bahrum. Diproduseri oleh Ancu Amang dan pemeran utama Fajar Baharuddin dan Hajja Nena Hasmar.
Dihadiri Direktur Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Endang Kurnia Saputra beserta pegawai Bank Indonesia, Pejabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb dan PKK Kota Makassar serta awak media.
Endang Kurnia mengungkapkan, usai menonton Film Ati Raja menjawab rasa penasaran dan akhirnya banyak tau cerita Sejarah Makassar tempo dulu, kita patut bangga dan senang kisah masyarakat etnis tionghoa lokal makassar diangkat ke layar lebar, paparnya.
Pesannya nyampe, sosok Ho Eng Djie mencoba menafsirkan keberagaman lewat lagu-lagu karyanya, meski pada dasarnya belum terlalu memahami bahasa bugis makassar tetapi dengan melihat teks pada layar dan diskusi dengan pemeran film akhirnya mulai paham, Ho Eng Djie menyampaikan pesan moral, toleransi hingga soal cinta, tutur Endang Kurnia.
Iqbal Suhaeb menambahkan, kita patut bangga Film Ati Raja akhirnya bisa ditonton dibioskop setelah sebelumnya dikabarkan terkendala teknis, kita juga ucapkan terima kasih Bank Indonesia telah mengadakan Nobar Film Ati Raja dan mudah-mudahan inisiasi Bank Indonesia tertular pada komunitas film dan intansi lainnya.
Film Ati Raja merupakan biopic (biografi) tentang kehidupan Ho Eng Dji, seorang penyair dan musisi kelahiran Kassi Kebo tahun 1906. Dengan latar budaya kehidupan kaum etnis Tionghoa peranakan, ia dapat hidup harmonis dengan masyarakat Makassar kala itu, tutup Pejabat Walikota Makassar ini.

BAGIKAN
Berita sebelumyaJumat, Bend Ungu Hibur Zona Holic dan Cliquers
Berita berikutnyaMAN 1 Makassar OCDay
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here