Kepulauan Selayar, Inspirasimakassar.com:

Dalam mengatasi angkutan arus mudik lebaran dan arus balik lebaran yaitu H-11 dan H+5, pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Pelabuhan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar akan menyiapkan 4 armada kapal yang akan melayani penyeberangan pada lintas Bira – Pamatata.

Keempat armada itu adalah KMP Cormomolin dengan Capten Syaiful Anwar, KMP Bontoharu adalah Munawir Anwar kelahiran Barugaiya Selayar, KMP Sangke Pallangga oleh Capten Kamiluddin dan KMP Balibo oleh Capten Basir Wasahua yang merupakan turunan asli Selayar dari Onto Sapo. Hal itu dikemukakan General Manager ASDP Cabang Selayar,  Partogy Tamba usai rapat koordinasi budaya mudik lebaran dengan sejumlah instansi terkait diruang rapat pimpinan lantai II Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu 8 Mei 2019.
      

Menurut Partogy yang didampingi Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr H Zainuddin, SH MH dan Kepala Dinas Perbubungan, Andi Baso, SH MH bahwa lonjakan penumpang arus mudik dan arus balik nantinya akan dibagi tiga kategori. Untuk kategori normal pihak ASDP akan menyediakan dua buah armada dengan empat kali trip perhari. Sedangkan untuk kategori padat akan disiapkan 4 armada kapal dengan menambah trip menjadi delapan kali penyeberangan setiap hari.

Dan terakhir kategori sangat padat tetap akan disiapkan 4 armada akan tetapi tidak ada lagi penjadwalan pemberangkatan namun sangat tergantung dari penumpang yang sudah standby di pelabuhan baik di Pamatata maupun di Bira.

Dalam rapat koordinasi itu Wakil Bupati, H Zainuddin telah merekomondasikan kepada Kepala Dinas Perhubungan, Andi Baso untuk membentuk tim terpadu yang dituangkan dalam sebuah keputusan yang ditandatangani oleh Bupati, HM Basli Ali. Salah satu tujuannya adalah untuk mensukseskan budaya mudik lebaran yang aman, lancar, tertib dan nyaman.

Dalam kesempatan itu pula, H Zainuddin mengunkapkan bahwa bagi masyarakat Selayar yang ada diperantauan yang ingin mudik dan berlebaran di Selayar itu ada tiga jalur yang perhubungan yang disiapkan. Bisa melalui jalur laut dengan menggunakan Sabut Nusantara dari Makassar ke Selayar dan 5 wilayah kecamatan pulau. Juga bisa melalui jalur darat dari Bira Bulukumba ke Pamatata dan juga melalui jalur udara dari Bandar Udara Internasional Hasanuddin di Makassar ke Bandara H Aroeppala Padang Selayar.

Disamping itu lembaga perbankan yang ikut berpartisipasi sebagai sponsor dalam menyukseskan budaya mudik lebaran tahun 2019 ini oleh Pemerintah Daerah (Pemda) sangat mengapresiasi.” kata Wabup.

Termasuk Pagadaian yang ikut ambil bagian dan BPJS Ketenagakerjaan yang ada didaerah ini. Juga kepada semua instansi terkait seperti Kepolisian, Kodim 1415 Selayar, Syahbandar, ASDP, Basarnas, para OPD terkait, UPT Pelabuhan dan Kepala Desa Tanete, Iskandar sebagai pengelola Bundes meskipun tak menyempatkan diri untuk hadir. (M. Daeng Siudjung Nyulle)
     

BAGIKAN
Berita sebelumyaPlh Walikota Makassar Dianugerahi PPD dari Presiden
Berita berikutnyaRibuan Pegawai Non PNS Padati Rujab Bupati
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here