Pontianak-Inspirasimakassar.com :

Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional ke-25 berlangsung di taman alun-alun Kapuas, Jalan Rahadi Oesman, Pontianak, Kalimantan Barat. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin membuka STQ yang berlangsung di taman alun-alun Kapuas, Jalan Rahadi Oesman, Sabtu 29 Juni 2019. STQ  diikuti 543 peserta dari 34 kafilah seluruh Provinsi di Indonesia.

Hadir pejabat Kementerian, Gubernur dan​ Wakil Gubernur se Indonesia, jajaran pejabat​ Forkopimda dan segenap tamu undangan. Salah satunya, Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar. Sebelum lomba dimulai, Ali Baal Masdar berkesempatan mengunjungi kafilah Sulbar di Hotel Ibis dan memberikan suport kepada mereka sebelum berlomba.

Ali Baal Masdar mengemukakan, pelaksanaan STQ telah terencana dengan baik. Mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan saat ini tingkat nasional. “Sebelum mengikuti STQ, para kafilah melakukan latihan latihan, hingga terpilih untuk mengikuti tingkat nasional saat ini. Itu semua sudah terencana dan memerlukan persiapan,” ujarnya.

” Yang tak kalah pentingnya adalah, mengembangkan syiar Islam. Inilah yang terpenting. Kemudian misinya, soal siapa siapa juara atau tidak, yang penting kita ikhlas. Kalau sudah ikhlas, tulus berbuat dan berlatih insya Allah akan mendapatkan hasil. Karena ini adalah lomba, ada yang kalah, ada yang menang. Apapun hasilnya, kita harus ikhlas terima,” tambahnya lagi.

Menurutnya, dilaksanakan saja dengan baik. “Yang penting, syiar ini bisa dimengerti oleh siapa yang ikut dan termotivasi bagi yang ikut dan kepada yang lainnya, agar betul – betul sepanjang masa , MTQ dan STQ ini terus bersemarak di nusantara dan dunia, itu yang kita harapkan. Alhamdulillah, Sulbar juga pernah juara MTQ tingkat internasional, yaitu Hasan Basri dan Nurhidayah,” urai mantan bupati Polman dua periode ini.

Ali Baal Masdar mengakui, meskipun Sulbar merupakan provinsi termuda, namun mampu menunjukkan kepiawainnya di tingkat internasional. “Mudah-mudahan di antara yang ikut ini, ada lagi yang bisa menunjukkan kepiawaianya di tingkat internasional, dan kita akan terus membina,” support Ali Baal kepada khalifah, seraya terus menyemakati para khalifah, dan mengharapkan untuk terus bersemangat dan ikhlas dalam berbuat.

Seperti diketahui, STQ Nasional diikuti Provinsi Maluku 10 peserta, Papua Barat 15 peserta, Maluku Utara 10 peserta, Aceh 18 peserta, Sumatra Utara 20 peserta, Papua 11 peserta,Jambi 16 peserta, Riau 20 peserta, Sumatra Selatan 20 peserta, Kepri 16 peserta, Sumbar 15 peserta, Kepulauan Bangka Belitung 16 peserta, Banten 18 peserta, Lampung 16 peserta.

Bengkulu 16 peserta, DKI Jakarta 20 peserta, Jateng 20 peserta, Jabar 20 peserta, Bali 11 peserta, Jatim 12 peserta, Yogyakarta 16 peserta, NTT 10 peserta, NTB 15 peserta, Kalteng 12 peserta, Kaltim 15 peserta, Kalbar 18 peserta, Kalsel 19 peserta, Sulawesi Barat 16 peserta, Sulawesi Utara 10 peserta, Kaltara 16 peserta. Sulawesi Tenggara​ 20 peserta, Gorontalo 10 peserta, Sulsel 20 peserta, Sulawesi Tengah 14 peserta. (Kominfo sulbar)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPeduli Korban Narkoba, LRKM Terima Penghargaan HANI
Berita berikutnyaHumas Pemkot Raih Penghargaan Kategori Kemitraan Media Terbaik
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here