Makassar, Inspirasimakassar.com :

Guna meningkatkan kapasitas, serta kualitas Jurnalis, Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulawesi Selatan, akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Kegiatan ini rencananya November 2019 mendatang,

Ketua Panitia Ishadi Ishak menjelaskan, pelaksanaan UKW merupakan salah satu rekomendasi Rakernas IWO di Depok awal tahun 2019, yang kembali digaungkan dan dimasukkan dalam agenda kegiatan pada rapat pengurus di My Way Cafe, Jalan MH. Thamrin Makassar, Senin (07/10/2019) sore.

“UKW saat ini sudah menjadi salah satu syarat menjadi wartawan yang profesional. Ibarat pengendara, harus memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Tanpa Sertifikasi UKW, kita masih rentan ‘dipersoalkan’ dalam menjalankan tugas di lapangan. Atas pertimbangan inilah, IWO Sulsel menggelar uji kompetensi wartawan,” kata Ishadi.

Rencananya kegiatan ini digelar November 2019. Untuk tempat pelaksanaan, kata Ishadi akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Pelaksanaan UKW ini, akan menggandeng tim penguji yang kredibel dan sudah berpengalaman dalam menguji wartawan.

“Kita akan mengundang para penguji yang memang berpengalaman di bidang UKW. Bisa dari dewan pers atau dari lembaga resmi yang terdaftar di dewan pers,” tambahnya.

Ishadi menambahkan, uji kompetensi ini bukan hanya untuk kalangan internal IWO Sulsel tetapi juga dibuka bagi semua wartawan dari perusahaan media manapun.

“Adapun persyaratannya antara lain, peserta harus dari kalangan wartawan atau jurnalis, ditandai kartu pers, dan sekurang kurangnya telah menjalani bidang jurnalistik selama satu tahun.” pungkasnya.

Hal tersebut diamini Ketua PW IWO Sulsel Zulkifli Thahir, yang turut hadir pada rapat. Ia mengharapkan UKW dapat bermanfaat bagi para jurnalis dan perusahaan media di Sulsel.

“Agenda tersebut sejak IWO Sulsel melaksanakan Raker I dua tahun lalu, namun baru kali ini akan diwujudkan, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bukan hanya dikalangan anggota IWO Sulsel saja tapi seluruh pewarta online se-Sulsel yang belum memiliki sertifikat UKW baik itu tingkat muda, madya maupun utama,” ucapnya.

UKW ini diharapkan juga membantu perusahaan media dimana wartawan tersebut bekerja agar dapat melalui verifikasi, baik secara administrasi maupun faktual di dewan pers”, pungkas bang Culeq sapaan akrab ketua IWO Sulsel. (Rilis IWO Sulsel)

BAGIKAN
Berita sebelumyaSalam Inspirasi, Perspektif Baru
Berita berikutnyaMalam Tahun Baru, Harper Perintis Gelar “Celebes Fashion & Fusion” Seni & Budaya Sulawesi
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here