Makassar, Inspirasimakassar.com :

Lembaga Kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengirimkan bantuan pangan kepada warga yang berada di Pulau Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Bantuan tersebut merupakan partisipasi ACT untuk terlibat menjaga Natuna.

Kepala Cabang ACT Sulsel, Syahrul Mubarak mengatakan pihaknya bekerjasama dengan TNI akan memberikan bantuan bahan-bahan pangan sebanyak 10 ribu ton. bantuan ACT ini berupa logistik dan akan diberikan kepada masyarakat Pulau Natuna dan TNI di sana.

“Kami kirim bantuan secara bertahap, ada beras, minyak goreng, dan banyak bahan makanan lainnya,” katanya di Warunk Upnormal, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, terdapat sekitar 77 ribu jiwa yang tinggal di Pulau Natuna. Dari jumlah tersebut, 3,6 ribu di antaranya tercatata sebagai penduduk miskin.

“Memang sedikit mencengangkan kalau penduduknya miskin, padahal di sana lautnya sangat kaya, dan juga tersimpan tambang gas,” katanya.

Dia mengatakan bantuan diberikan terkait momen adanya penerobosan oleh kapal Coast Guard Cina yang mengawal sekitar 30 kapal nelayan dari negaranya. Hal ini turut menjadi perhatian ACT Sumbar sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Apalagi dengan kejadian itu membuka mata bahwa sangat banyak penduduk miskin disana.

“Tim kami sudah melakukan asesment disana, memang kebanyakan bantuan yang dibutuhkan bahan pangan,” katanya.

Dia mengatakan, bahwa bantuan akan terus berlanjut ke depannya. Namun waktunya sampai kapan belum ditentukan karena hal bergantung kondisi disana. Dia juga berharap masalah penyerobotan segera selesai dan kedaulatan negara tetap terjaga.

“Kita akan tetap lanjut memberi bantuan walaupun masalah dengan Cina sudah selesai nantinya,” katanya. 

Lebih lanjut Syahrum mengatakan, jika sampai saat ini masih membuka Posko bantuan di Sekretariat ACT Sulsel di Jalan Sultan Alauddin bagi warga makassar dan sekitarnya yang ingin turut berpartisipasi bisa kekantor. (ishadi ishak)

BAGIKAN
Berita sebelumyaTernyata Awd Gembong Residivis Curanmor Antar Propinsi
Berita berikutnyaSebarkan Undangan 500-an, Besok, Pasangan PASMO Daeng Deklarasi
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here