Kepulauan Selayar, Inspirasimakassar.com
Berdasarkan hasil perhitungan suara di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 54 desa yang tersebar di 10 dari 11 wilayah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar hingga pukul 20.00 Wita, Kamis (05/12/19) telah berhasil dirampungkan. Di Kecamatan Bontomate’ne yang dinakhodai, Drs H Nadeng Hamuddin melaporkan bahwa dari 7 desa yang melakukan pemilihan langsung, 3 diantaranya oppo. Mereka adalah Kepala Desa Bontona Saluk, Ahmad Yani, Kepala Desa Bungaiya, Alimuddin dan Kepala Desa Maharaiya, Abd Rahman. Sedangkan yang menempati wajah baru adalah Kepala Desa Pamatata, Latunru, Kepala Desa Menara Indah, Saenal Arifin, Kepala Desa Tanete, Muh Darwis dan Kepala Desa Kayubau, Rizal Anshari.
        Selain itu, Kepala Wilayah Kecamatan Bontomanai, Zulfikri, S.STP juga melaporkan secara detail termasuk suara batal dan total suara sah disetiap TPS. Berdasarkan laporan melalui WhatsAppnya, dari 7 desa yang melakukan pemilihan hanya Kepala Mare-Mare, Andi Arman yang kembali terpilih. Sedangkan Andi Alang, S.Pd mantan Kepala Desa Jambuiya dua periode kembali terpilih di Desa Bontomarannu dengan mengantongi suara terbanyak 352 suara mengalahkan 4 rivalnya yaitu Muhammad Asrul, SE yang memperoleh 152 suara, Nur Syamsu sebanyak 26 suara, Iskandar sebanyak 217 suara dan Baharuddin 212 suara. Kepala Desa Polebungin, Andi Ardi (483), Kepala Desa Barugaiya, Muhammad Yusri, S.Si (456), Kepala Desa Jambuiya, Muhammad Ridwan (294), Kepala Desa Bonea Timur, Patri Edi (259) dan Kepala Desa Bonea Makmur, Sabaruddin dengan mengantongi suara 444 suara yang hanya head to head dengan petahana, Nur Salim dengan memperoleh suara hanya 309.


        Awil Taiyeb selaku Camat Pasi’masunggu Timur juga melaporkan via WAnya. Dari 4 desa yang melakukan pemilihan, 3 Kepala Desa nya kembali terpilih. Mereka adalah Kepala Desa Bontobaru, Daeng Maklimbang, Kepala Desa Lembang Baji, Muhadir dan Kepala Desa Bontomalling, Andi Sukri, S.Pd. Hanya Kepala Desa Bontobulaeng, Andi Mukhtamar Putera yang merupakan wajah baru.
        Untuk wilayah Kecamatan Pasi’marannu juga dilaporkan oleh Camatnya, H Askary, S.Pd. Mereka yang terpilih adalah H Fahri sebagai Kepala Desa Komba-Komba, Mashuddin terpilih sebagai Kepala Desa Lambego, Kepala Desa Bonerate, Muh Arsyad Manaba kembali oppo, Kepala Desa Batu Bingkung, Abdullah dan Kepala Desa Bonea, Alwan Sihadji.
       Sementara untuk wilayah Kecamatan Pasi’masunggu juga dilaporkan bahwa dari 6 desa yang melaksanakan Pilkades serentak hari ini, Kamis (05/12/19) telah berhasil merampungkan Kepala Desa Tanamalala, Nurdin, MS, Kepala Desa Kembang Ragi, M. Ikbal, Kepala Desa Labuang Pamajang, Supriadi, Kepala Desa Massungke, M. Iskandar, Kepala Desa Ma’minasa, H Kamaluddin (oppo) dan Kepala Desa Bontosaile, Syahrir. Demikian Camat Pasi’masunggu, Siregar, S.STP, MM melaporkan dari Pulau Jampea sore tadi.
       Untuk wilayah Kecamatan Taka Bonerate, Pasi’lambena,  Bontosikuyu, Bontoharu dan Kecamatan Buki diperoleh dari berbagai sumber. Di Kecamatan Taka Bonerate masing-masing Kepala Desa Jinato, Andi Sulistiawati, Kepala Desa Batang, H Andi Basri, Kepala Desa Rajuni, H Alwani dan Kepala Desa Kayuadi, Akbar Billo. Untuk Kecamatan Pasi’lambena ada 3 desa yaitu Kepala Desa Kalao Toa, Muh Dahlan (oppo), Kepala Desa Lembang Mate’ne, Dedi Iskandar dan Kepala Desa Karumpa, Karmili.
      Di Kecamatan Bontosikuyu adalah kecamatan terbanyak yang melakukan Pilkades tahun ini. Mereka yang terpilih sebagai kepala desa adalah Kepala Desa Polassi, Mustaking, Kepala Desa Tambolongan, Makkawaru (oppo), Kepala Desa Appatanah, Marsan, Kepala Desa Lantobongan,  Nurdana, Kepala Desa Binanga Sombaiya, Muh Ardin, Kepala Desa Laiyolo, Bakhnur Arfandi, S.Pd, Kepala Desa Laiyolo Baru, Hasanuddin, Kepala Desa Patikarya, Nursiah, Kepala Desa Patilereng, Saharuddin Arief (oppo). Sedangkan untuk Kecamatan Bontoharu masing-masing Kepala Desa Bontolebang, Muh Arsyad (oppo), Kepala Desa Kahu-Kahu, Usman, Kepala Desa Bontotangnga, Kamiruddin, …….
[20.46, 5/12/2019] Pedoman Daeng Siujung: dan Kepala Desa Bontoborusu, Langke.
       Sekretaris Camat Buki, Rusmin, S.Sos yang dihubungi via selulernya melaporkan bahwa di Desa Kohala memperoleh suara seri, 278 antara petahana, Rahman, S.Sos dan penantang, Rakhman Hamdani. Pemenangnya masih menunggu keputusan dari Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kepulauan Selayar, Irwan Baso, S.STP.  Sexangkan Kepala Desa Buki, Muh Said, Kepala Desa Bontolempangan, Jamaluddin, Kepala Desa Lalang Bata, Zainal Arifin Parang dan Kepala Desa Balang Butung, Muslimin yang mengalahkan petahana, Andi Solle. (M. Daeng Siudjung Nyulle)
      

BAGIKAN
Berita sebelumyaBI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Sulsel 2020 Capai 7,6 Persen
Berita berikutnyaWagub Harap Susi Air Beroperasi di Toraja dan Selayar
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here