Makassar, Inspirasimakassar.com:

Webinar Nasional tentang Peranan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka pemulihan Ekonomi Nasional pada Masa Pandemi Covid-19 dilaksanakan secara online pada Jumat petang tanggal 9 Oktober 2020. Pelaksanaan acara ini dalam rangka Dies Natalis FEB-Unhas yang ke-72 dan 25 Tahun Program Doktor Ekonomi Unhas.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas, Prof. Dr. Abd. Rahman Kadir dalam sambutan pembukaannya mengatakan menyambut baik acara ini dengan harapan webinar nasional ini dapat memberikan pemikiran-pemikiran untuk pemulihan ekonomi nasional di era kenormalan baru yang berfokus pada beberapa prioritas sinergi kebijakan baik secara nasional maupun skala daerah masing-masing, khususnya peran yang menjadi tanggungjawab oleh OJK berdasarkan Perpu 01 tahun 2020.

Sebagai narasumber pertama adalah Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Dr. Amir Uskara, M.Kes, terutama menyoroti berbagai stimulus dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seperti bantuan produktif usaha mikro, subsidi bunga, penjaminan kredit yang telah diluncurkan oleh Pemerintah untuk menopang kelangsungan UMKM, dengan realisasi yang baru mencapai 36,6 persen per pertengahan September lalu, maka upaya akselerasi perlu terus ditingkatkan.

Dosen FEB Unhas sebagai narasumber ke dua, Dr. Anas Iswanto Anwar, SE, MA menyampaikan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertugas mengatur dan mengawasi kegiatan industri jasa keuangan secara terpadu, maka koordinasi dengan BI harus terus dilakukan untuk menjaga stabilitas sistem keuangan.

“Selain itu, untuk memperluas literasi dan penetrasi layanan dan produk jasa keuangan, edukasi terhadap masyarakat juga harus terus dilakukan,” lanjut Anas.

Webinar Nasional ini dimoderatori oleh Dr. Mursalim Nohong.
Materi yang disampaikan pembicara direspon dengan antusias oleh peserta melalui berbagai komentar, pertanyaan dalam diskusi yang diikuti lebiih dari 200 peserta.

Pada penutupan webinar, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 6 Sulampua, Moh. Nurdin Subandi menyampaikan kondisi dunia perbankan dan IKNB di Sulawesi Selatan setelah OJK melaksanakan program-program pemulihan ekonomi nasional.

Beberapa kegiatan lain juga diagendakan dalam rangka seperempat abad Program Doktor Ilmu Ekonomi Unhas, antara lain, Bakti Sosial, Kuliah Umum oleh Pj. Bupati Luwu Timur, Dr. Iqbal Suaib yang juga adalah alumni Doktor Ekonomi Unhas, serta peluncuran Buku (Book Chapter) dalam rangka 25 Tahun Program Doktor Ekonomi Unhas. (james)

BAGIKAN
Berita sebelumyaCiGMark belum pernah survei Cawali Makassar
Berita berikutnyaSelayar Surganya Dunia
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, pemimpin perusahaan, dan penanggungjawab majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan memiliki dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa. Pernah diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar. Kini, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here