Usman, S.Pd, MM


Kepulauan Selayar, Inspirasimakassar.com :
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Kabupaten Kepulauan Selayar, Usman, S.Pd, MM saat ditemui dikantornya di Matalalang, Senin (10/02) kemarin mengungkapkan,” Berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk tahun pelajaran 2019/2020 total keseluruhan jumlah siswa di Selayar mencapai angka 5.529 siswa dengan rincian sebanyak 2.866 siswa perempuan dan laki-laki sebanyak 2.663 siswa. Data ini merupakan akumulasi dari 9 sekolah SMAN, 8 sekolah SMKN, 2 sekolah SMAS dan 1 sekolah SDLB yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan.
         Siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tahun 2020 ini dari seluruh akumulasi semua SMAN, SMKN dan SMAS mencapai 1.570 siswa. Adapun rinciannya sebanyak 723 laki-laki dan 847 perempuan.” ujar Usman kepada Inspirasi usai melakukan rapat koordinasi dengan para kepala SMAN  didaerah ini. Ia pun menjelaskan,” Untuk siswa SMAN sebanyak 964 siswa, SMAS 63 siswa dan sebanyak 543 siswa dari SMKN. Sehingga jumlah keseluruhan siswa yang akan mengikuti UNBK pada pertengahan Maret mendatang mencapai 1.570 siswa.” katanya.
          Adapun rincian setiap sekolah adalah SMAN 1 Selayar di Benteng sebanyak 272 siawa, SMAN 2 Selayar di Batangmata sebanyak 189 siswa, SMAN 3 Selayar di Pariangan sebanyak 89 siswa, SMAN 4 Selayar di Ujung Jampea sebanyak 133 siswa, SMAN 5 Selayar di Pulau Kayuadi sebanyak 43 siswa, SMAN 6 Selayar di Pulau Bonerate sebanyak 99 siswa, SMAN 7 Selayar di Manarai sebanyak 57 siswa, SMAN 8 Selayar di Buki sebanyak 49 siswa dan 33 siswa di SMAN 8 Selayar di Dallemambua.
         Sedangkan untuk SMKN masing-masing SMKN 1 Selayar di Bonea Benteng, SMKN 2 Selayar di Polebungin sebanyak 33 siswa, SMKN 3 Selayar di Bonehalang sebanyak 28 siswa, SMKN 4 Selayar di Benteng Jampea sebanyak 84 siswa, SMKN 5 Selayar di Benteng sebanyak 157 siswa, SMKN 6 Selayar di Lembang Mate’ne Pulau Kalao Toa sebanyak 6 siswa, SMKN 7 Selayar di Todakke sebanyak 5 siswa dan SMKN 8 Selayar di Tongke-Tongke Kecamatan Bontosikuyu.” tambahnya.
          Jika mengacu pada pedoman pelaksanaan sekolah penyelenggara UNBK adalah minimal memiliki jumlah siswa untuk kelas XII sebanyak 20 orang. Lalu bagaimana dengan SMKN 6 Selayar di Kalao Toa Kecamatan Pasi’lambena yang hanya mempunyai 6 siswa ? Begitu pula SMKN 7 Selayar di Todakke Kecamatan Bontomate’ne. ” Untuk SMKN 6 Selayar sudah berkonsultasi antara Kepala SMKN 6 Selayar, Daeng Pabeta, S.Ag, MM dengan Kepala SMKN 3 Selayar, Andi Ahmad, S.Pd. Mereka sepakat SMKN 6 Selayar tetap akan mengikut di SMKN 3 Kelautan Selayar di Benteng ibukota kabupaten seperti pada tahun sebelumnya.
         Sedangkan untuk SMKN 7 Selayar di Todakke Desa Bontona Saluk Kecamatan Bontomate’ne baru akan dikonsultasikan lebih lanjut di Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan. ” Kita tunggu informasi lebih lanjut. Karena besok Rabu, (12/02) saya akan berangkat ke Makassar untuk menghadiri rapat terkait pelaksanaan UNBK tahun ini.” ujar Usman. Ia pun melanjutkan,” Hingga saat ini belum ada petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan UNBK yang kita pegang. Makanya besok saya ke Makassar untuk ikut Rapat Koordinasi (Rakor) ujian nasional. Dan salah satunya didalam rakor itu akan kita bahas SMKN 7 Selayar.” kata dia. (M. Daeng Siudjung Nyulle)
          

BAGIKAN
Berita sebelumyaHari ini Sertijab Kapolda Sulbar dan Para Pati di Mabes Polri
Berita berikutnyaTim Bapemperda DPRD Sulbar Kunjungi DPRD Sulsel dan Kampus UNM
Wartawan kriminal dan politik harian Pedoman Rakyat Ujungpandang dan sejumlah harian di Kota Daeng Makassar, seperti Ujungpandang Ekspres (grup Fajar) dan Tempo. Saat ini menjadi pemimpin umum, penanggungjawab dan pemimpin redaksi majalah Inspirasi dan Website Inspirasimakassar.com. Sarjana pertanian yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali--kini Universitas Islam Makassar ini menyelesaikan pendidikan SD di tanah kelahirannya Siri Sori Islam Saparua, SMP Negeri 2 Ambon, dan SPP-SPMA Negeri Ambon. Aktif di sejumlah organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Di organisasi kedaerahan, bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H Yahya Pattisahusiwa dan Hj.Saadia Tuhepaly ini beristrikan Ama Kaplale,SPT,MM dan dua orang anak masing-masing Syasa Diarani Yahma Pattisahusiwa dan Muh Fauzan Fahriyah Pattisahusiwa ini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Siri Sori Islam (IPPSSI) Makassar, Humas Kerukunan Warga Islam Maluku (KWIM) Pusat Makassar dan Wakil Sekjen Kerukunan Keluarga Maluku (KKM) Makassar.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here